Pematangsiantar, Sumut, 22/11 (Antara) - Kapolda Sumatera Utara, Irjen Rycko Amelza Dahniel berkesempatan mengunjungi Museum Simalungun di Kota Pematangsiantar, dalam kunjungan kerja di daerah itu, Selasa.
     Kapolda didampingi Bupati Simalungun, JR Saragih, Ketua Yayasan Mueum Simalungun, Jomen Purba, Danrem 022 Pantai Timur, Kolonel Inf Gabriel Lema, Dan Rindam I Bukit Barisan, Kolonel I Wayan Suarjana, melihat artefak peninggalan etnis Simalungun yang tertata rapi dan terawat baik.
     Kapolda mengapresiasi peninggalan heritage (warisan budaya) suku Simalungun yang telah ada sejak ratusan tahun lalu, dan memiliki peradaban tinggi, sehingga menunjukkan suku Simalungun sudah maju pada masa itu. 
      "Suku Simalungun harus bangga," kata Kapolda.
     Jomen Purba mengatakan, Yayasan Museum Simalungun terus melalukan upaya untuk melestarikan heritage Simalungun, terutama kepada generasi muda dengan mengenalkan melalui sekolah-sekolah.  
     "Kita ajak generasi muda, khususnya warga Simalungun untuk berkunjung ke Museum untuk lebih mengenal heritage, dan turut berperan merawatnya melalui sumbangan masuk," kata Jomen.
     Dia juga berharap perhatian dari pemerintah dengan mengalokasikan dana perawatan dan operasional Museum Simalungun yang sesuai dengan UU Cagar Budaya menjadi tanggungjawab pemerintah.  
     Kapolda dan rombongan berada di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun dalam kaitan kunjungan kerja melihat pelayanan publik di jajaran kepolisian resor dan ramah tamah dengan ulama, tokoh masyarakat dan adat. ***4***

       



Pewarta: Waristo

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016