Tebing Tinggi,9/11(antarasumut)- Ketua DPW.Partai Nasdem Sumut H.T.Erry Nuradi yang juga Gubernur Sumatera Utara mengatakan, negara demokrasi itu menganut trias politika yakni eksekutif, legeslatif dan yudikatif, yang tugas wewenangnya diatur dalam undang-undang.

Hal ini disampaikannya saat memberikan pencerahan Pendidikan Politik Masyarakat yang dilaksanakan DPD,Nasdem Tebing Tinggi Rabu (9/11) di Simpang Dolok Kec.Rambutan Tebing Tinggi,yang juga dihadiri Anggota DPR-RI Komisi I Prananda Surya Paloh juga dihadiri Pj.Walikota H.Zulkarnain,Kapolres dan Kejari serta para tokoh masyarakat.

Secara gamblang H.T.Erry Nuradi menjelaskan apa itu Eksekutif, yang terdiri dari Presiden,Menteri,Gubernur,Bupati/Walikota dan Kepala Desa yang menjalankan roda pemerintahan ini, seperti fungsi Pembangunan dan sosial.

Legelatif itu terdiri yang dipusat namanya DPR-RI, di Praovinsi DPRD Provinsi dan di Kabupaten atau Kota juga namanya DPRD Kabupaten atau Kota, fungsinya membuat Undang-Undang jika dipusat didaerah membuat Peraturan Daerah.

Fungsi lainnya adalah menyusun anggaran (Bageting) dan melakukan pengawasan dilingkungan Pemerintah, dan tidak masuk kedalam ranah tugas Yudikatif (penegakan hukum) dari Mahkamah Angung,Pengadilan Tinggi sampai Pengadilan Negeri,ujarnya

Usai memberikan penjelasan H.T.Erry Nuradi langsung memberikan kuis interaktif kepada warga yang hadir, yang pertanyaannya berkaitan langsung dengan disampaikan, dan kepada yang bisa menjawab diberikan hadiah langsung Rp.100.000.-dan menjadikan suasana kian semarak dan akrab.

Mengakhiri penyampaiannya dikatakan Eksekutif,Legeslatif dan Yudikatif ini di Pemerintahan posisinya sama rata, dan tidak ada yang lebih tinggi, contohnya Walikota tidak bisa masuk mengatur tugas dan tanggung ibu Kapolres, juga terhadap Ketua DPRD,ujarnya.

Sebelumnya Ketua DPD.Partai Nasdem Tebing Tinggi H.Oki Doni Siregar menyampaikan Pendidikan Politik bagi masyarakat ini adalah satu menjalankan kewajiban dan tanggungjawab dari Partai Politik yang sudah diamanahkan dalam Undang-Undang.

Partai Nasdem yang punya program Restorasi atau Perubahan mengimplementasikannya lewat Pendidikan Politik ini memberikan pencerahan kepada masyarakat bagaimana berpolitik yang beretika dan santun.

Karenanya diharapkan segenap Kader Partai Nasdem agar mampu menjadi yang terdepan sebagai agen perubahan dan itu dimulai dari diri sendiri untuk melakukannya,tentunya kearah yang lebih baik dan maju, ujarnya.

Dalam kegiatan ini diserahkan secara simbolik Asuransi Jiwa kepada 500 orang Kader Nasdem dan masyarakat Tebing Tinggi, yang selanjutnya akan diberikan kepada 5000 orang dari 5 Kecamatan yang ada di Kota Tebing Tinggi.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016