Panyabungan 2/11 (Antarasumut) - Harga komoditas cabe disejumlah pasar-pasar tradisional di Kabupaten Mandailing Natal pada belakangan ini mengalami kenaikan dari hari hari sebelumnya.  

Dimana pada beberapa hari yang lalu harga cabe merah dibeberapa pasar tradisional yang ada diwilayah  masih bertahan dikisaran  Rp.60.000.-/ kilo gramnya namun,  pada  saat ini mengalami kenaikan sebesar Rp.15.0000,- / kilo gramnya.

“ Harga cabe  saat ini  Rp,75.000.-/kilo gramnya,” ujar Aslamiyah salah satu pedagang cabe dipasar baru Panyabungan, Rabu.

Ketidakstabilan harga ini diakibatkan kondisi cuaca yang tidak menentu pada  belakangan ini menimpa daerah itu.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Disperidag dan Ukm,  Pangidoan mengatakan, ketidak stabilan harga  cabe ini diakibatkan oleh faktor cuaca yang belakangan ini tidak menentu sehingga para petani  didaerah-daerah penghasil cabe  banyak yang tidak bercocok tanam. 

"Belakangan ini kondisi cuaca ekstrim sehingga berdampak pada berkurangnya pasokan cabe dari para petani yang ada didaerah kita,” ujarnya
 
Mengingat cabe merupakan  komoditas kebutuhan yang pokok bagi masyarakat, pihaknya akan terus melakukan pemantauan harganya  dipasaran.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016