Aekanopan, 25/10 (Antarasumut) - Dua ratusan warga Labuhanbatu Utara (Labura) dari delapan kecamatan mengikuti pemeriksaan sebelum pelaksanaan operasi katarak di Puskesmas Guntingsaga Kecamatan Kualuhselatan, Selasa. 

Hal itu dilakukan demi kelancaran operasi yang dijadwalkan dilaksanakan pada 2 Nopember 2016 mendatang.

Hal itu dikatakan Kabid Pelayanan dan Kesehatan Dinas Kesehatan Labura Tigor Pasaribu SKM kepada wartawan di sela-sela pemeriksanaan. 

"Jumlah yang mendaftar melebihi awal target kita yang hanya sekitar 130 orang," katanya.

Untuk pemeriksaan tersebut selain dokter dari Labura juga didatangkan sejumlah dokter spesialis dari Medan. Dokter yang dari Medan itu antara lain spesialis mata, anastesi dan lainnya. 

"Untuk operasi nanti selain dokter dari Labura, kita juga dibantu spesialis dari Medan," jelasnya.

Tigor menyebutkan, kegiatan itu sudah menjadi agenda tahunan Dinkes Labura. "Kita sudah melaksanakan operasi katarak gratis ini dalam empat tahun terakhir. Tujuannya untuk membantu warga yang kurang mampu. Untuk biaya operasi katarak secara dananya lima juta atau lebih," tambahnya.

Hal itu dibenarkan salah seorang calon peserta operasi katarak Ruslan Lubis (68) yang tinggal di Dusun Pinanglombang Bawah Desa Sei Raja Kecamatan Na IX-X. Dua tahun sebelumnya dirinya juga sudah merasakan manfaat operasi katarak gratis yang dilakukan Pemkab Labura.

"Mata kananku sekarang sudah membaik. Aku ikut operasi katarak 2 tahun lalu dan gratis. Sekarang aku mendaftar untuk operasi mata kiriku yang kabur," kata pria yang masih terlihat gagah di usianya yang hampir berkepala tujuh itu.

Hingga Selasa siang, sebagian warga yang ingin mengikuti operasi katarak geratis terlihat masih sabar menanti giliran pemeriksaan. Hal yang diperiksa antara lain kadar gula, tensi darah dan lainnya.


Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016