Aekkanopan, 25/10 (Antarasumut) - Jangan sepele dengan percikan gesekan yang terjadi. Bila timbul persoalan kecil sebaiknya cepat diselesaikan secara arif. 

Karena bukan tidak mungkin masalah kecil itu bisa menjadi bola salju yang nantinya sulit dikendalikan.

Demikian dikatakan Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H Kharuddin Syah SE pada pertemuan antara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan tokoh masyarakat di aula kantor bupati, Senin.

"Kita tidak boleh sepele dengan percikan yang terjadi di daerah kita. Bila timbul persoalan kecil sebaiknya cepat diselesaikan secara arif," kata bupati yang juga Ketua Forkopimda Labura.

Dikatakannya, konflik dapat bersumber dari permasalahan yang berkaitan dengan politik, ekonomi, sosial budaya, perseteruan antar umat beragama, antarsuku, antaretnis, serta distribusi sumber daya alam (SDA) yang tidak seimbang.

"Tentang is sara, kita harus antisipasi dan cegah sejak dini. Walau etnis dan suku kita banyak, tapi kerukunan etnis harus tetap dijaga dengan baik," katanya dalam acara yang dihadiri Ketua DPRD Labura, Wabup Drs Dwi Prantara MM dan camat dari 9 kecamatan yang ada. 

Bupati juga menyebutkan, sudah terlalu banyak masalah yang ada di negara kita ini terkhusus di Labura, baik isu sara, konflik sosial, penyalahgunaan narkoba, kebakaran 9 rumah di Leidong dan lain-lain. 

"Konfilk yang banyak terjadi di negara kita semuanya itu dapat mengakibatkan terganggunya stabilitas nasional dan terhambatnya pembangunan nasional," tambahnya pada kegiatan yang diselenggarakan Badan Kesbangpol Labura itu.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016