Seirampah, Sumut, 23/10 (Antarasumut) - Penyuluh pertanian sebagai ujung tombak pembangunan pertanian memegang peran yang sangat strategis dalam menyukseskan Gerakan Mandiri Pangan sampai ke daerah-daerah.

"Untuk itu, dengan terus meningkatkan pengetahuan dan memfasilitasi para penyuluh pertanian sangat menunjang terwujudnya kemandirian pangan," kata Bupati Serdang Bedagai Soekirman di Seirampah, Minggu.

Ia mengatakan pola pikir inklusif dalam hal pengembangan sektor pertanian telah sukses membawa negara China mewujudkan swasembada pangan bahkan mengekspor komoditas pertaniannya.

"Hal ini patut dijadikan contoh khususnya dari sisi penyuluhan pertanian yang mereka lakukan," katanya.

Salah satu sikap mental yang harus ditiru adalah pekerja keras, tangguh dan pantang menyerah dalam hal pencapaian kekuatan ekonomi global terbaik di dunia yang dimiliki oleh bangsa China.

Sehingga saat ini mereka mampu mencapai berbagai kemajuan disegala bidang khususnya pertanian.

Untuk itu ia berharap semua pihak mau bekerja sama dalam mendukung peningkatan kinerja penyuluh pertanian dilapangan sehingga kedaulatan pangan segera terwujud di Sumut bahkan di Indonesia.

Seperti saat ini Kabupaten Serdang Bedagai, merupakan salah satu daerah penghasil beras terbesar di Sumatera Utara dengan potensi pertanian yang menjadi salah satu sektor andalannya, sebagai daerah yang selalu surplus


produksi beras setiap tahunnya.


Pemkab Sergai melalui program kerjanya selalu memberikan atensi yang besar kepada sektor pertanian sehingga daerah itu dapat terus meningkatkan hasil produksi pertanian untuk mewujudkan Gerakan Mandiri Pangan di Sumatera Utara.


"Sektor pertanian memang menjadi salah satu prioritas pembangunan di Serdang Bedagai," katanya. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016