Jakarta, (antarasumut) – Banyak yang menganggap penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang hanya terjadi pada orang-orang yang telah berusia lanjut. Padahal, penyakit ini bisa juga menyerang orang di bawah usia 50 tahun dengan pola hidup yang tidak sehat, seperti gemar merokok dan minum minuman keras serta kurang asupan kalsium. Nah, agar kita bisa terhindar dari penyakit ini, GoHitz akan memberikan 5 langkah sederhana untuk menjaga kesehatan gulang, dan mencegah osteoporosis.

1.  Penuhi Asupan Kalsium dan Vitamin D

Seperti yang sudah diketahui bahwa kalsium dan vitamin D sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium bisa kita peroleh antara lain dari susu, ikan salmon, brokoli, tahu, almond dan kacang merah. Sementara vitamin d bisa berasal dari sinar matahari, telur, udang, keju, sereal dan minyak hati ikan kod.

2. Berlatih Fisik

Berlatih fisik “weight bearing” juga sangat bagus untuk menjaga kerangka tulang agar tetap kokoh. Kita bisa melakukan aktivitas fisik yang dikerjakan dalam posisi tegak sehingga kerangka tubuh mampu menunjang berat badan terhadap gaya gravitasi bumi. Latihan fisk yang bisa dilakukan antara lain naik turun tangga, lari, jogging dan senam aerobik.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});








3. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Rokok dan minuman beralkohol menjadi salah satu faktor resiko timbulnya osteoporosis pada tulang. Oleh karena itu, jika Anda tetap ingin bisa beraktivitas hingga usia tua, maka berhentilah merokok dan minum minuman beralkohol mulai dari sekarang.

4. Konsultasi dengan dokter

Penyakit osteoporosis disebut juga sebagai ‘silent disease’ atau penyakit yang tersembunyi. Kehilangan massa tulang biasanya terjadi tanpa adanya gejala. Maka dari itu, rutin melakukan konsultasi dengan dokter adalah langkah yang paling tepat dan bijak.

5. Lakukan Pemeriksaan Lanjutan

Bagi Anda yang ingin lebih memastikan kondisi kesehatan tulang, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan ‘bone density’ atau pemeriksaan kepadatan tulang. Jika diperlukan, Anda juga dapat mengonsumsi obat-obatan yang dapat memperkuat dan menjaga kesehatan tulang.

 

Pewarta: GoHitz

Editor : Fai


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016