Medan 6/9 (antarasumut) - Masa jabatan 12 direksi pada tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, Sumatera Utara, yakni Perusahaan Daerah Pembangunan, Perusahaan Daerah Pasar dan Rumah Potong Hewan, berakhir dan mereka diberhentikan dengan hormat.

"Selanjutnya ditunjuk tiga orang pelaksana tugas atau Plt sebagai penggantinya sampai terpilih direksi yang defenitif," kata Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution di Medan, Selasa.

Untuk Plt Dirut PD Pasar ditunjuk Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setdakot Medan, Qamarul Fatah MSi. Asisten Umum Setdakot Ikhwan Habibi Daulay menjadi Plt Dirut PD Pembangunan dan Drs Busral Manan sebagai Plt Dirut Rumah Potong Hewan.

"Ketiganya diharapkan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," katanya.

Menurut Akhyar, pemberhentian itu dilakukan karena masa jabatan para direksi sebelumnya sudah berakhir.

Selanjutnya dilakukan proses perekrutan bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) untuk memilih jajaran direksi yang defenitif.

Usai penunjukan ketiga pelaksana tugas itu, Akhyar mengatakan pihaknya langsung mengirimkan 100 nama yang akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan.

"Pemberhentian ini dilakukan dengan hormat dilatarbelakangi proses rekrutmen jabatan direksi BUMD yang dilanjutkan kembali. Sebab, berdasarkan seleksi yang dilakukan sebelumnya, para direksi yang lama juga mengikuti proses penjaringan. Jadi tidak etis jika mereka masih menduduki jabatan direksi tersebut. Dengan pemberhentian ini, mereka tentunya dapat mengikuti fit and proper test untuk jabatan direksi yang definitif," katanya.


Selanjutnya ia mengatakan ketiga Plt dirut yang baru itu akan mengajukan nama orang yang dipercaya untuk menduduki jabatan direktur operasi (dirop), direktur keuangan dan direktur pembangunan dan SDM yang kosong menyusul dilakukanya pemberhentian dengan hormat tersebut.

Ia berharap ketiga Plt Dirut tersebut dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan tetap menjaga iklim kerja yang sudah terbangun dengan baik selama ini.

Sedangkan kepada para direksi yang baru diberhentikan dengan hormat tersebut, Akhyar atas nama Pemkot Medan mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan pengabdian yang telah mereka lakukan selama ini dalam upaya memajukan ketiga BUMD milik Pemkot Medan tersebut. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016