Panyabungan, 28/4 (Antarasumut)  - Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) adakan  sosialisasi Aplikasi Pertanggungjawapan Keuangan (ALPEKA) bagi sekolah penggunaan dana BOS untuk tingkat SD dan SMP Tahun 2016 .

Sosialisasi ALPEKA yang bertempat di Aula Hotel Madina Sejahtera, Panyabungan ini berlangsung selama 3 hari yakni mulai dari tanggal 26 sampai dengan 28 April 2016.

Plt. Kadis Pendidikian Mandailing Natal melalui Kasi Subsidi dan Bantuan Dikdas , Jamila SH dihadapan peserta pada penutupan, menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut diikuti oleh kepala sekolah dan operator sekolah se Kabupaten Madina. 

“Apa yang kita dapat dalam sosialisasi ini kiranya dapat diaplikasikan disekolah masing – masing. Karena dana BOS merupakan dana peningkatan kualitas pendidikan” katanya.

Dikatakannya, agar pengelolaan dana BOS nantinya  tidak menyimpang agar tidak menjadi masalah dibelakang hari. 

“Untuk itu kedepan mari bekerjasama dan sama – sama bekerja untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Madina pada khususnya” Ujar Jamilah.

Dijelaskan Jamila kepada sejumlah Wartawan usai penutupan kegiatan ALPEKA tersebut dibagi atas 3 tahap dimana tahap pertama untuk wilayah Pantai Barat, tahap ke dua Mandailing Julu dantahap Ke tiga Mandailing Godang dengan jumlah peserta 400 Kepala Sekolah SD, SMP 83 orang, Operator Sekolah 483 orang dengan total peserta 966 orang. 

Dengan menghadirkan nara sumber Hari Peribadi Spd dari Disdik Sumut dan Zulkarnaen Tanjung dari Disdik Madina.

“Tujuan sosialisasi ini untuk melakukan evaluasi dan pelaporan, pelaksanaan dan pertangungjawaban keuangan masing – masing sekolah di Madina. 

Untuk mengetahui hasil penyerapan dan penggunaan dana BOS dari sekolah, memberikan pedoman tentang aplikasi pertanggungjawaban keuangan dana BOS, serta agar pengelolaannya dilakukan tertib administrasi terasparan, akuntabel, tepat waktu dan terhindar dari penyimpangan. 

Sehingga hasil terbuka wawasan peserta sosialisasi,  dan semua peserta bias melaksanakan sesuai peraturan dan perundang – undangan.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016