Sipirok,22/8(Antarasumut)-Akreditas khusus Madrasah Aliyah "MA" Swasta Pesantren modern unggulan terpadu Darul Mursyid (PDM) meningkat peringkat A dengan nilai 98.

Husnil Walad, Kepala Madrasah Aliyah PDM,  kepada Antara, kemarin, mengatakan penilaian itu dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M).

Penetepannya berdasarkan SK penetapan hasil akreditasi BAP-S/M Nomor 853/BAP-SM/PROVSU/II/XII/2015.

Akreditasi, kata dia, sebuah proses penilaian (assesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. 

Kemudian, hasil akreditasi sekaligus menjadi umpan balik guna meningkatkan kinerja sekolah.

"Akreditasi sebagai penilaian kelayakan dan kinerja suatu sekolah berdasarkan kriteria (standar) yang telah ditetapkan dan diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan," terangnya.

Untuk melihat kualitas sekolah, akreditasi salah satu faktor penting. Sekolah peringkat 86-100 nilai “A” seperti MA PDM nilai 98 dari sebelumnya 97,36."Suatu nilai yang hampir sempurna," ujarnya.

Peningkatan nilai akreditas itu merupakan pengejawantahan  dari prestasi siswa-siswa PDM di kejuaraan sains tingkat lokal, regional dan nasional yang terus meningkat.

PDM, diketahui tidak  asing bagi sekolah lain dikancah olimpiade sains, konsisten sejak tahun 2010.

Bahkan PDM penyumbang siswa terbesar sebagai utusan sekolah dari Sumut bertanding di skala Nasional, berhasil perak dan perunggu.

Sisi lain meningkatnya akreditasi MA PDM, hasil  tingkat kelulusan ke berbagai Perguruan Tinggi ternama di Indonesia secara bebas testing.

Pada tahun pembelajaran. "TP" 2011/2012 tingkat kelulusan siswa-siswi PDM ke Perguruan Tinggi Negeri "PTN" sebesar 65 %, meningkat  TP 2012/2013 menjadi 68 %, meningkat lagi TP 2013/2014 sebesar 93 %, bahkan TP 2014/2015 berhasil 94 %.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016