Parapat, Sumut , 21/8 (Antara) - Telkomsel terus mengoptimalkan jaringan 80 "base transceiver station" atau BTS di sekitar Danau Toba untuk mendukung acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 yang dihadiri Presiden Joko Widodo mulai Sabtu.


"Bukan hanya mengoptimalkan BTS yang ada, tetapi juga menyiagakan Combat untuk memastikan bisa mengakomodir kebutuhan layanan komunikasi di seluruh lokasi yang akan disambangi Presiden RI mempromosikan Danau Toba," ujar Executive Vice President Area Sumatera Telkomsel Bambang Supriogo di Parapat, Minggu


Menurut dia, penetapan Danau Toba yang menjadi satu dari 10 destinasi wisata utama di Indonesia harus didukung.


Dukungan Telkomsel bukan saja sekadar mempersiapkan BTS tetapi juga memastikan operasional dan optimalisasinya khususnya di saat ada kegiatan besar seperti Karnaval Kemerdekaan yang digelar di Danau Toba.


Optimalisasi jaringan yang dilakukan Telkomsel khususnya di kawasan wisata antara lain membangun BTS 4G baru, mengubah BTS  yang sudah ada menjadi BTS 4G.


Kemudian menambah kapasitas transmisi jaringan, serta memperluas jangkauan jaringan.


"Telkomsel juga selalu melakukan monitoring kualitas jaringan secara rutin, " katanya.


Bambang mengakui terjadi peningkatan trafik komunikasi khususnya data pada kegiatan Karnaval Kemerdekaan di Parapat, Samosir dan Balige yang dihadiri Presiden Jokowi sejak Sabtu


Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya wisatawan mengunggah foto dan video aktivitas maupun panorama di lokasi wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.


Selain itu, wisatawan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori wisata kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas seni dan budaya seru yang bisa dilakukan di lokasi wisata.


"Di kegiatan Karnaval Kemerdekaan seperti juga acara besar lainnya Telkomsel menyiagakan `temporary outlet` dan mobile GraPARI untuk memudahkan pelanggan mendapatkan produk Telkomsel dan lainnya," ujar Bambang. ***3***

 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016