Simalungun, Sumut, 12/7 (Antara) - Kepala Daerah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, melarang kontainer muatan pakan ikan melakukan aktivitas bongkar muat di Pantai Bebas, Parapat, Selasa.
     
"Ini dermaga untuk wisatawan, bukan bongkar muat barang," ujar Bupati, JR Saragih saat meninjau kondisi pantai yang berada di wilayah Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.
     
Bupati masih memberikan toleransi bagi dua kontainer yang sedang membongkar muatannya untuk dinaikkan di kapal kayu, tetapi satu unit lagi diperintahkan untuk pergi.

Untuk pengawasan kedepan, Bupati memerintahkan Dinas Perhubungan membuka pos memberdayakan satu unit gedung pusat informasi yang terkesan tidak berfungsi.

Bupati juga meminta unsur pimpinan kecamatan di daerah itu, melakukan koordinasi supaya Pantai Bebas tidak lagi digunakan yang bukan peruntukannya.

Kawasan wisata yang berada di samping pintu gerbang Parapat dan di pinggiran jalan lintas Sumatera
itu, juga ditata lebih baik lagi.

Pagar Pantai Bebas dan sejumlah pohon yang dinilai menghalangi pandangan pelintas untuk menyaksikan keindahan alam Danau Toba, dibongkar.

"Biar mata bebas memandang, tanpa halangan," kata JR.
    
JR menegaskan komitmen Pemkab Simalungun untuk mendukung dan merealisasikan program Pemerintah dalam mengembangkan pariwisata kawasan Danau Toba. 

Pewarta: Waristo

Editor : Waristo


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016