Langkat, Sumut, 12/7 (Antara) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat Sumatera Utara, mencatat 60 rumah di tiga kecamatan yaitu Bahorok, Kuala, Sei Bingei yang dilanda angin puting beliung rusak berat dan ringan.

Adapun 60 rumah warga yang rusak dilanda angin puting beliung yang terjadi sejak Jumat-Senin (9-11/7), kata Kepala Harian BPBD Langkat Irwan Syahri di Stabat, Selasa,

Selain mengakibatkan kerusakan berat maupun ringan ada juga satu korban yang tewas dalam kejadian angin puting beliung itu yaitu Indah Lestari Br Bangun (8) saat angin puting beliung menerjang Desa Beruam Kecamatan Kuala, katanya.

"Kerugian material akibat bencana angin puting beliung itu hingga sekarang ini belum dapat diketahui karena anggota masih terus melakukan pendataan di lapangan," katanya.

Adapun desa yang terkena bencana di mana 60 rumah warga itu berada di Desa Beruam, Kelurahan Pekan Kuala di Kecamatan Kuala sebanyak 38 rumah, Desa Turangi di Kecamatan Bohorok sebanyak 10 rumah dan Desa Namuterasi, Namu Ukur Utara di Kecamatan Sei Bingei sebanyak 12 rumah, ujarnya.

Irwan Syahri menjelaskan sebelumnya juga instansinya sudah menghimbau warga untuk selalu berhati-hati bila terjadi angin kencang (puting beliung) selain itu juga tanah longosr maupun banjir.

Terhadap mereka yang terkena angin puting beliung juga sudah diberikan bantuan berupa makanan cepat saji untuk meringankan mereka beban selama berada di lokasi ataupun menumpang pada keluarganya.

Bantuan lainnya juga datang dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Delia Pratiwi Sitepu di mana bantuan yang diberikan ini hanya spontanitas saja guna meringankan beban keluarga yang tertimpa bencana angin puting beliung," kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Delia Pratiwi Sitepu di Selesai, Senin (11/7).

"Spontanitas buat warga yang tertimpa bencana ini terutama ditujukan kepada masyarakat yang terisolir di Desa Beruam Kecamatan Kuala maupun di Kelurahan Pekan Kuala berupa beras 10 kilogram masing-masing untuk kepala keluarga, gula, minyak goreng, mie instan, uang Rp 1 Juta, diperuntukkan buat 38 rumah warga yang terkena musibah.

Delia Pratiwi Sitepu juga memberikan bantuan buat warga yang terkena bencana angin puting beliung di Perkebunan Turangi Kecamatan Bahorok buat 10 warga yang kediamannya terkea berupa dua rumah mengalami rusak berat, satu mengalami rusak sedang dan tujuh mengalami rusak ringan.

"Bantuan yang diberikan ini wujud rasa keprihatinan begitu mengetahui ada warga yang terkena bencana, mudah-mudahan bantuan ini juga bisa meringankan beban yang diderita warga sekarang ini," katanya.

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Fai


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016