Tapanuli Selatan,2/7 (Antarasumut)- Tadi malam, bertempat di Mesjid Al -Irsyad lingkungan Kantor Bupati lama Jalan Kenanga Padangsidimpuan dilaksanakan Khataman Al-quran.

Khataman diawali khususnya zuz ke -30 (zuz amma), secara bergiliran anak anak melantunkan ayat ayat suci Al-quran dan diikuti para jemaah yang hadir.

Mereka yang hadir para ulama, umaro, ustaz, dai, Bupati H. Syahrul M. Pasaribu SH, Wakil Bupati Ir. Aswin Efendi Siregar MM, Plt. Sekda Drs. Marasaud Harahap.

Tampak juga Ketua MUI Dr. Muslim Nasution MA, Ketua TP. PKK Hj. Syaufia Lina Syahrul, Asisten, staf ahli, pimpinan SKPD, Camat, serta anak anak yang selama ini aktif mengikuti tadarusan al-quran.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu,  dalam sambutannya mengatakan khataman Al-quran seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya di mesjid Al- Irsyad.

"Khataman di setiap bulan suci ramadhan setiap tahun kita laksanakan dan pertahankan, agar tradisi keagamaan tetap marak di tengah tengah masyarakat," katanya.

Disamping salah satu langkah pendorong dan bentuk perhatian dan kepedulian serta keikhlasan kita dalam membina umat.

"Dalam konteks pembangunan menyeluruh juga demikian, ulama dan umaro juga harus seiring sejalan, semua sisi kehidupan masyarakat harus tersentuh dan tidak boleh ada yang terabaikan." katanya.

Sedang Ketua TP. PKK Hj. Syaufia Lina Syahrul disela sela kegiatan mengatakan, bahwa apa yang diberikan ini merupakan motivasi sekaligus ucapan terima kasih atas partisipasinya menyemarakkan kegiatan keagamaan di Mesjid Al- Irsyad ini.

Ketua panitia sekaligus nazir mesjid Al- Irsyad Ahmad Suaib Harianja, menyampaikan sholat wajib, sholat sunat taraweh dan witir, ceramah agama dan tadarusan Al-quran aktif dilaksanakan selama bulan suci ramadhan di Mesjid ini.

Khusus khataman malam ini, anak anak yang rutin tadarusan, anak anak yatim, para ustaz yang menjadi penceramah, Imam, diberikan tali asih oleh Bupati dan ketua TP. PKK Hj. Syaufia lina Syahrul.

Infaq berasal dari  PNS dan zakat keluarga H. Syahrul M. Pasaribu SH, disalurkan kepada anak yatim Pondok Pesantren Al -Yusufiah, anak-anak mengaji di Mesjid Al Irsyad, anak yatim lingkungan Mesjid, dari Desa Holbung, duafa dari Kecamatan Sayur Matinggi 25 orang.

Infaq Keluarga Bupati Syahrul juga diserahkan kepada Mesjid Nurul Huda Komplek DPR dan Mesjid Aek Tuhul Batunadua.

Sementara Kepada para ulama yang mengisi kegiatan selama Ramadhan di Mesjid Al Irsyad dan Syafari Ramadhan Pemkab Juga diberikan uang dan kain sarung.

Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tapanuli Selatan juga tak ketinggalan memberi santunan anak yatim.

Ketua MUI Dr. Muslim Nasution MA mengatakan, tradisi khataman Al-quran sejak dulu sudah ada dan harus dilestarikan.

"Atas kegiatan ini MUI mengucapkan terima kasih kepada Pemkab (Bupati), dimana telah mempasilitasi kegiatan kegiatan keagamaan sehingga dapat berjalan dengan baik," katanya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016