Labuhanbatu Selatan, 19/4 (Antarasumut) - Bupati Labuhanbatu Selatan Wildan Aswan Tanjung meminta petugas sensus ekonomi 2016 untuk benar-benar bekerja serius dalam melaksanakan tugas dan tidak memberikan laporan ABS (Asal Bapak Senang), sehingga data yang dihasilkan benar-benar valid.

Hal itu diungkapkan Bupati ketika membuka Apel Siaga dan Pelepasan Petugas Sensus Ekonomi 2016 di gedung SB3 Kotapinang, Selasa. 

Hadir pada acara tersebut, Kepala BPS Provsu Ir Wien Kusdiatmono diwakili Kepala IPDS Thomas Wunang Tjahyo, Sekda Zulkifli, Kepala BPS Labuhanbatu Gloria Ebenhaezer, Unsur Muspida, Kepala SKPD dan Pimpinan Perusahaan/Perbankan.

Bupati mengatakan, berbagai kendala akan ditemukan di lapangan, namun petugas harus tetap optimistis, sehingga dapat melaluinya secara baik. "Jangan bekerja ABS, sehingga data hasil sensus ekonomi ini nantinya benar-benar valid," katanya.

Data hasil sensus ekonomi ini sangat penting secara nasional, khususnya bagi Kab. Labusel. Karenanya, dia juga meminta seluruh instansi di jajaran Pemkab Labusel untuk turut membantu mensukseskan sensus tersebut.

"Kepada masyarakat yang disensus diharapkan dapat memberikan informasi yang diminta secara jujur. Saya juga mengharapkan agar petugas sensus senantiasa berkoordinasi dengan pihak terkait di lapangan, sehingga tidak ada kendala," katanya.

Pada kesempatan itu Bupati juga memaparkan, Kab. Labusel merupakan daerah ekonomi yang 70 persen wilayahnya merupakan perkebunan yang di dalamnya berdiri 24 perusahaan kelapa sawit. 

Meski demikian kata dia, hasil ekonomi yang begitu besar tersebut hanya sedikit yang dinikmati sebagai pendapatan daerah. "Saya berharap hasil sensus ekonomi ini nantinya memberikan dampak positif bagi Kab. Labusel. Kami juga berharap agar hasil perkebunan di daerah ini dikembalikan ke daerah," katanya.

Sementara itu Kepala BPS Provsu yang diwakili Kepala Bidang IPDS Thomas Wunang Tjahyo dalam sambutannya menjelaskan bahwa kunci keberhasilan dalam sensus ekonomi 2016 ini adalah kesediaan responden untuk menerima dan memberi jawaban dengan sejujur-jujurnya. "BPS menjamin kerahasiaan data responden," katanya.

Kepala BPS Labuhanbatu Gloria Ebenhaezer menjelaskan bahwa pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 akan dilaksanakan serentak dari tanggal 1s/d 31 Mei 2016. Adapun jumlah petugas Sensus Ekonomi 2016 se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan kata dia, sebanyak 235 orang.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016