Labuhanbatu Selatan, 4/5 (Antarasumut) - Peringatan Hari Kartini ke-137 tingkat Kab. Labusel yang digelar di gedung SB3, Kotapinang, Rabu (4/5) berlangsung meriah. 

Kemeriahan perayaan Hari Kartini siang itu ditandai dengan digelarnya sejumlah perlombaan seperti, lomba nasi tumpeng, merangkai janur, dan penyuluhan tentang bahaya narkoba. 

Tidak hanya itu, lomba melukis RA Kartini yang diikuti pelajar tingkat SD, SLTP, dan SLTA menambah semaraknya acara.

Bupati Wildan Aswan Tanjung pada kesempatan itu mengajak seluruh masyarakat untuk mengingat kembali jasa-jasa Kartini dalam proses pemberdayaan perempuan dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hak-hak perempuan sebagai makhluk ciptaan Tuhan. 

Menurutnya, telah banyak perempuan-perempuan di Kab. Labusel menduduki posisi penting di pemerintahan. "Ini suatu bukti bahwa perempuan memiliki kemampuan dan potensi yang setara dengan laki-laki," katanya.

Ketua TP-PKK Kab. Labusel, Hj Hasnah Harahap mengatakan, biasanya Hari Kartini diperingati dengan mengenakan busana tradisional, kebaya, kain bersanggul, dan berselendang batik. 

Namun kata dia, kedepannya perlu ada perubahan pola pikir untuk mengaktualisasikan perjuangan Kartini dalam menghadapi era-globalisasi, agar kemajuan, kemakmuran dan kecerdasan bangsa tercipta di nusantara ini.

"Kaum perempuan harus menjadikan RA Kartini sebagai motivasi dalam mengimbangi kemajuan zaman," katanya.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Kholil Jufri Harahap, Wakil Ketua TP-PKK Kab. Labusel Ny Rabiatun Kholil Jufri, Sekda Zulkifli, Unsur Muspida, para kepala SKPD, Unsur Muspika, para kepala desa, dan organisasi wanita se-Kab. Labusel.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016