Medan, 20/5 (Antara) - Kontingen Kota Medan akhirnya tampil sebagai juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Sumatera Utara ke-XII 2016 yang berakhir Jumat, dengan raihan 30 emas, 24 perak dan 14 perunggu.

Disusul ditempat kedua kontingen Karo dengan I6 emas, 2 perak dan 13 perunggu, kemudian Deliserdang 6 emas, 8 perak, 11 perunggu, disusul Binjai 6 emas 7 perak dan 10 perunggu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara, Baharuddin Siagian mengatakan Popda yang digelar 16-20 Mei 2016 berjalan dengan baik dan diharapkan sebagai cikal bakal munculnya atlet-atlet berbakat masa depan.

"Popda ini juga bagian dari seleksi Popwil dan Popnas. Kami harapkan atlet terus berlatih dengan keras untuk menghadapi kedua even tersebut," katanya usai menutup Popda tersebut di Universitas Negeri Medan (Unimed)..

Dalam kesempatan itu ia menyampaian pujian kepada Kontingen Karo yang bisa tampil sebagai juara kedua dalam peraihan medali, padahal Karo cuma


mengandalkan atletik dan renang.


"Prestasi yang dicapai Karo cukup signifikan. Mereka bisa meraih 16 medali emas dengan mengandalkan atletik dan renang saja. Hal ini harus


menjadi contoh bagi daerah lain untuk melakukan pembinaan berdasarkan potensi daerahnya masing-masing," katanya.


Sementara Ketua Kontingen Kota Medan, Azam Nasution, mengatakan, juara umum kali ini sekaligus mempertahankan predikat yang diraih pada Popda sebelumnya.


Meski demikian ia mengaku tetap akan melakukan evaluasi mengingat Kota Medan hanya banyak meraih emas dari cabang renang.


"Sementara cabang lain, minim medali. Nah ini yang akan kita evaluasi agar kedepannya prestasi lebih merata di semua cabang olahraga," katanya. ***4***











Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016