Tebing Tinggi,20/5 (Antarasumut)- Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 108 di Tebing Tinggi diperingati melalui upacara nasional dilapangan Merdeka dengan Pembina Upacara Dandim 0204-DS Letkol.Inf Hadryan Indrawira, Jumat (20/5).

Letkol Inf.Handryan Indrawira membacakan sambuatan Menteri Informasi dan Informatika RI Rudiantara antara lain,sejak diproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia telah berjanji dan berketetapan hati NKRI adalah harga mati,tidak dapat ditawar-tawar lagi.

NKRI negara demokrasi berlandaskan ideologi pancasila menjunjung nilai-nilai agama dan adat istiadat yang hidup ditengah masyarakat.

Komitmen NKRI ini penting ditegaskan kembali pada Harkitnas 108 ini,ancaman akan keutuhan NKRI tidak selangkahpun surut,bahkan dengan kemajuan teknologi digital ancaman radikalisme dan terorisme mendapatkan medium baru untuk penyebaran paham dan praktiknya.

Selian itu Bangsa ini juga menghadapi permasalahan ketahanan bangsa secara kultural,dengan munculntya kekerasan dan pornografi yang terjadi pada generasi masih sangat belia, satu dari beberapa permasalahan kultulral utama Bangsa ini yang mengemuka.

Medium baru teknologi berperan penting dalam penyebaran informasi, positif maupun negatif secara cepat dan massif, kita menghadapi problem kaburnya batas-batas fisik antara domestik dan internasional.

Pergaulan dan kerja sama saling menguntungkan dengan dunia internasional tumbuh semakin intens, sekaligus rentan terhadap penyusupan ancaman terhadap kutuhan NKRI dari luar wilayah negeri ini.

Tantangan baru yang muncul didepan kita tersebut memiliki dua dimensi terpenting kecepatan dan cakupan, kita tak ingin kedodoran menjaga NKRI akibat terlambat mengantisipasi kecepatan dan meluasnya anasir-anasir ancaman karena tak tahu mengambil sikap dalam konteks dunia yang sedang berubah ini.

Kamndirian dan karakter kita terpusat pada pemahaman bahwa kita sedang berhadapan dengan kompetisi global, saat ini paling tepat bagi untuk bahu membahu sesama anak bangsa memenangkan persaingan-persaingan aras global.

Sebagai satu kesatuan mau tidak mau kita harus bangkit untuk menjadi bangsa yang kompetitif dalam persaingan tingkat global tersebut 

Kini bukan lagi saatnya mengedepankan hal-hal sekadar pengembangan wacana yang siftanya seremonial dan tidak produktif, kini saatnya bekerja nyata dan mandiri dengan cara-cara baru penuh inisiatif, kita harus membiasakan yang benar dan bukan sekadar membenarkan yang biasa.

Hadir dalam upacara Harkitnas tersebut Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan dan Unsur FKPD Tebing Tinggi, Wakil Walikota H.Oki Doni Siregar serta para pimpinan SKPD,Camat dan Lurah se Kota Tebing Tinggi.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Dhani Elison


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016