Padangsidimpuan 7/5 (Antarasumut)- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Padangsidimpuan mengecam atas ucapan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang di media televisi bahwa kader HMI Korupsi.

Ketua HMI Cabang Padangsidimpuan Irham Bakti Pasaribu menjelaskan, Sabtu, Saut Situmorang tidak berhak mengklaim semua alumni HMI yang menjadi pejabat melakukan tindak pidana korupsi. Pernyataan Saut Situmorang dinilai sangat tendensius terhadap HMI.

Kami selaku kader dan kalangan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pernyataan Saut tersebut dianggap mencederai keluarga besar HMI.

Tambahnya HMI sudah menyatakan sikap untuk memegang teguh komitmen keumatan dan kebangsaan, HMI selalu hadir pada setiap perjalanan bangsa Indonesia mulai dari mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), melawan PKI hingga tumbuhnya orde baru, serta lahirnya reformasi.

Ilmu, iman dan amal adalah Nilai Dasar Perjuangan (NDP) HMI. NDP ditanamkan disetiap jenjang perkaderan HMI, Himpunan Mahasiswa Islam juga berusaha mewujudkan insan cita dan masyarakat cita. Dengan demikian tidak benar jika setelah diberikan jabatan kader HMI jadi koruptor dan jadi orang jahat, seperti yang disampaikan Pimpinan KPK tersebut.
Pernyataan Saut Situmorang sangat menyudutkan dan melecehkan nama baik HMI dan KAHMI. Dia harus ingat HMI pernah membesarkan tokoh-tokoh nasional yang mempunyai integritas yang tinggi untuk ibu pertiwi.
Kami menyatakan sikap, sebagai berikut, Saut Situmorang harus meminta maaf kepada seluruh kader HMI karena HMI bukan pabrik orang jahat dan koruptor, Saut Situmorang sebagai pimpinan KPK harus meminta maaf kepada KAHMI karena tidak semua anggotanya koruptor dan orang jahat, Sikap Saut Situmorang tersebut tidak dapat ditolerir, maka kita meminta Saut Situmorang mundur dari jabatannya sebagai pimpinan KPK, Kita mendukung upaya PB HMI untuk melaporkan masalah ini ke Mabes Polri agar secepatnya diproses, ucapnya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : khairularief


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016