Padangsidimpuan 27/4 (Antarasumut)- Dinas Sosial Tenaga Kerja kota Padangsidimpuan Kewalahan Berikan Pelatihan Keterampilan dikarenakan tidak adanya dana atau anggaran untuk program tersebut.

Kepala Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja, melalui Kepala Bidang Pelatihan Subur menjelaskan, Rabu, angkatan kerja di kota Padangsidimpuan setiap tahunnya diperkirakan terus bertambah tidak mendapat lowongan pekerjaan alias menganggur.

Hal itu seiring makin banyaknya lulusan SMA dan SMP sederajat, serta lulusan perguran tinggi (PT) setiap tahunnya tidak mendapatkan lowongan pekerjaan karena minimnya lapangan pekerjaan yang ada.

Ia tambahkan Dinas Sosial Dan tenaga Kerja (Dinsosnaker) yang diharapkan sebagai ujung tombak guna menciptakan angkatan kerja terampil tidak berdaya menampung pelatihan seluruh angkatan kerja tersebut karena terkendala anggaran.

Padahal lulusan sekolah tersebut merupakan angkatan kerja produktif dan apabila tidak mendapat penanganan atau perhatian serius dari seluruh pemangku kepentingan hal tersebut dikhawatirkan bisa menimbulkan permasalahan sosial kemasyarakatan di daerah Padangsidimpuan.

Penyebab pengangguran angkatan kerja produktif tersebut diduga disebabkan kurangnya skill individu atau belum memiliki keahlian serta keterampilan untuk memasuki lapangan pekerjaan.

Bayangkan saja, apabila dirata-ratakan setiap tahunnya lulusan SMA (SMA, MA, SMK) dan SMP negeri dan swasta sederajat 3 ribu orang maka setiap tahunnya akan ada sebanyak 6 ribu orang angkatan kerja. Katakanlah dua pertiga diantaranya melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan pergi merantau maka akan ada 2 ribu orang angkatan kerja yang siap memasuki lapangan kerja belum lagi lulusan perguran tinggi ( Diploma III dan S 1) yang ditaksir sekira 3 ribu orang setiap tahunnya.

Hanya saja dia meminta supaya instansinya tidak disalahkan atas semakin banyaknya pengangguran di kota Padangsidimpuan, karena persoalan pengangguran cukup komplek dan itu tanggungjawab seluruh stake holder (pemangku kepentingan) dan bukan hanya dibebakan kepada pihaknya semata, harapnya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : khairularief


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016