Medan, 14/4 (Antara) - Pemerintah Kota Medan memperkenalkan berbagai potensi yang ada, baik pariwisata, industri maupun produk UMKM kepada masyarakat luas melalui pameran investasi, perdagangan dan pariwisata bertajuk "Invest Medan Expo" 2016.

"Banyak potensi yang kita miliki namun belum semuanya terekspos.  Melalui acara ini kami harapkan masyarakat akan semakin tahu," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setdakot Medan, Ir Qamarul Fattah, Kamis, saat membuka "Invest Medan Expo" 2016.

Acara yang berlangsung selama empat hari dan diikuti 36 stand dari berbagai provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia itu bertujuan menampilkan produk unggulan, peluang investasi dan pariwisata daerah sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan potensi unggulan Kota Medan.

Di samping itu juga memberikan kesempatan kepada daerah lain di luar Sumatera Utara untuk turut serta mempromosikan produk unggulan mereka

Ia mengatakan, harus disadari persaingan dalam dunia usaha dan perubahan di era globalisasi saat ini harus sesuai dengan selera konsumen.

Di samping itu harus cepat dan ketat sehingga menuntut semua pelaku ekonomi bekerja keras  untuk menghadapi persaingan, kemudian  lebih jeli dalam melihat peluang usaha dengan mengembangkan jaringan usaha dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

"Keberhasilan para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya baik di kota Medan maupun di kabupaten, kota serta  provinsi lain tentu akan memberikan dampak positif yang besar terhadap perekonomian masyarakat, diantaranya pendapatan masyarakat akan meningkat, lapangan kerja terbuka luas dan berbagai  usaha terkait akan tertarik untuk berkembang," katanya.

Menurut Qamarul, investasi sangat penting dalam pembangunan suatu daerah namun juga merupakan hal yang sangat kompleks.

Investasi ril menambah pendapatan daerah,  membuka lapangan pekerjaan sehingga berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan perkapita.

Qamarul menjelaskan, investasi dalam realisasinya dipengaruhi faktor, seperti relugasi dan perizinan, keamanan, kondisi sosial serta karakter ketenagakerjaan.

Kemudian harus didukung  infrastruktur, ketersediaan energi, pelabuhan, bandara hingga pasokan sumber daya alam. Investasi juga menyentuh banyak sektor, investasi bisa tumbuh pada sektor pariwisata, industri, jasa dan perdagangan. 


Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016