Seirampah, Sumut, 31/3 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, menggelar pelatihan bagi 205 guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan kualitas tenaga pendidik.

"Kita selalu berupaya meningkatkan kompetensi guru termasuk guru Paud," kata Bupati Serdang Bedagai, Soekirman di Seirampah, Kamis, saat membuka secara resmi pelatihan bagi guru 205 guru Paud se-Serdang Bedagai.

Ia mengatakan, bahwa Paud merupakan pendidikan yang amat mendasar dan strategis, karena masa usia dini merupakan masa emas untuk peletak dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Oleh karena itu Pemkab Serdang Bedagai berkomitmen dengan upaya-upaya pembangunan pendidikan dan pengasuhan bagi anak usia dini dengan berbagai program disinergikan untuk suatu hasil yang diharapkan yaitu generasi yang berkualitas, sehat jasmani, cerdas, beriman dan berkepribadian serta mandiri.

"Kepada camat kami meminta untuk berperan aktif dalam mendukung program Paud di kecamatan masing-masing, mengingat sampai saat ini masih banyak anak-anak yang belum terpenuhi hak-haknya dalam mengikuti program Paud," katanya.

Ia mengatakan, UUD 1945 mengamanahkan pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional sejalan dengan salah satu Nawacita yang diprogramkan Presiden Joko Widodo.

"Yakni melakukan reformasi karakter bangsa, melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan, kewarganegaraan yang menempatkan beberapa aspek seperti pengajaran sejarah," katanya.

Kemudian, kata dia, pembentukan karakter bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti didalam kurikulum pendidikan Indonesia.

"Artinya, program Paud sangat sejalan dengan program pemerintah. Karena itu, kita selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan Paud, termasuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidiknya," katanya.

Pewarta: Oleh Juraidi

Editor : Fai


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016