Simalungun, 8/3 (Antarasumut) – Penjabat (Pj) Bupati Simalungun diwakili Sekda, Gidion Purba membuka pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2016, yang dipusatkan di Balai Pertemuan Pdt J Wismar Saragih, Pamatang Raya, Selasa.

Pembukaan ditandai dengan meneteskan vaksin polio oleh Sekda, Ketua TP PKK, Ny Binsar Situmorang dan Kadis Kesehatan, dr Jan Maurisdo Purba MKes.

Maurisdo mengatakan, pelaksanaan PIN dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia pada 8-15 Maret 2016 dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran virus polio (eradikasi) dan sasaran bayi usia 0–59 bulan. 

Pelayanan tidak hanya anak di Kabupaten Simalungun saja, akan tetapi jika ada masyarakat di luar daerah yang membawa anak balitanya ke pos-pos pelayanan juga akan dilayani. 

"Jangan ada satupun anak yang tidak terlayani dalam kegiatan ini, karena bila ada yang lolos ini dikwatirkan yang akan membawa penyakit," kata Maurisdo.

Dia menjelaskan, pada hari pertama dan kedua pihaknya melakukan pelayanan imunisasi secara serentak di wilayah Kabupaten Simalungun dan pada hari ketiga hingga selesai akan melakukan sweeping sampai ke pelosok nagori.

Gidion berharap kepada masyarakat agar membawa anak balitanya ke Puskesmas, Posyandu, Rumah Sakit maupun tempat-tempat yang telah ditetapkan untuk mendapatkan layanan imunisasi polio. 

"Masyarakat harus rela dan iklhlas mengantarkan anaknya dan memastikan anaknya mendapat vaksin polio dari petugas sebanyak dua tetes," kata Gidion.

Disamping itu, Sekda juga mengimbau kepada kader kesehatan untuk melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga seluruh masyarakat terutama anak balita di Kabupaten Simalungun mendapat imunisasi polio.

Pewarta: Waristo

Editor : Waristo


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016