Medan, 10/2 (Antara) - Sebanyak 20 tim memastikan keikutsertaan dalam Kejuaraan arung jeram di Sungai Deli Medan, Open Championship Deli River Race, yang akan digelar 13 Februari 2016.


Ketua Panitia Kejuaraan arung jeram Open Championship Deli River Race, Lukman Nurhakim di Medan, Rabu, mengatakan sampai saat ini sudah 20 tim arung jeram dalam Sumatera Utara memastikan diri sebagai peserta.


Sedangkan luar daerah, empat tim memberikan sinyal akan ikut serta juga.


Tim dari Sumut tersebut berasal dari mahasiswa pencinta alam dan klub-kkub arung jeram.


"Tim dari luar daerah, ada yang dari Padang, Garut, dan Bogor," katanya.


Ia mengatakan ajang tersebut memperlombakan tiga kategori masing-masing kelas.


Yakni, down river race mahasiswa dan umum, head to head umum dan mahasiswa, serta kategori bergengsi slalom mahasiswa dan umum.


Down river race, peserta berlomba mengayuh jarak sepanjang 3 km hingga finis untuk mencatat waktu tercepat.


Nomor slalom, peserta akan beradu teknik dan ketangkasan dalam mengatasi rute berliku yang dibentuk oleh rambu berupa gawang.


Sedangkan untuk head to head, dua peserta akan diadu menuju garis finis yang tercepat.


Menurut dia, dengan tema "Kembalikan Kejayaan Sungai Deli", diharapkan kejuaraan itu menjadikan sungai utama Kota Medan itu menjadi wisata arung jeram.


"Melalui even ini, kita ingin mengajak masyarakat khususnya di Kota Medan untuk peduli pada kelestarian Sungai Deli sekaligus memperkenalkan olahraga arung jeram di sungai tersebut," katanya.


Alasan pemilihan jalur Sungai Deli, karena beberapa titik terdapat jalur yang menantang, memerlukan kesiapan peserta untuk tampil diajang ini.


"Ada beberapa titik jalur Sungai Deli terdapat potensi yang baik untuk dijadikan sebagai lokasi arung jeram. Inilah alasan kami memilih Sungai Deli," katanya. ***4***


(T.KR-JRD/B/T007/T007) 10-02-2016 20:40:22

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016