Padangsidimpuan 26/1 (Antarasumut) - Pemerintah Kota  Padangsidimpuan mengimbau warganya untuk membeli produk lokal, sebab, dengan pemberlakuan MEA) dikhawatirkan produk lokal akan kalah bersaing dengan produk asing.

Kabag Humas Pemkot Padangsidimpuan, Rahmat Irmansyah, Senin, mengatakan walikota mengimbau masyarakat agar mengutamakan membeli produk lokal dan dalam negeri dari pada produk luar.

Hal itu dianjurkan supaya nantinya usaha kecil dan menengah bisa terus bertahan dan tidak gulung tikar sehinga menimbulkan angka pengangguran baru.

"Masyarakat kita sudah cerdas, sehinga kita yakin mereka  akan mengutamakan produk daerahnya. Karena kita memiliki ciri khas cita rasa dan hubungan emosional terhadap produk lokal dan nasional yang tidak bisa dengan mudah dilupakan begitu saja," katanya.

Mengantisipasi agar produk lokal dan Nasional tidak tergerus dan tetap eksis menguasai pasar lokal, Pemkot Padangsidimpuan juga memasang strategi dengan mengimbau seluruh pelaku dunia usaha kecil, menengah dan besar khususnya yang ada di Padangsidimpuan untuk memantapkan produk lokal dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau masyarakat.

Tak hanya itu, Walikota telah menginstruksikan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) khususnya yang berkaitan dengan produk lokal supaya memaksimalkan perannya dalam rangka memunculkan invoasi dan kreasi baru sehingga produk lokal bisa bersaing atau minimal bertahan di pasaran Padangsidimpuan.

"Walikota terus memonitor dan meminta laporan dari SKPD tentang perkembangan terbaru dari produk lokal supaya terus ditingkatkan daya saingnya. Sehingga tidak kalah bersaing dengan produk MEA yang tidak lama lagi akan banyak beredar di pasaran Padangsididimpuan," katanya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : khairularief


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016