Tarutung, 19/1 (Antarasumut) - Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengimbau masyarakat untuk saling membantu memberikan pemahaman agar lebih menghargai produk lokal dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Harus ada upaya bagi para alumni untuk saling memberi pemahaman agar masyarakat Taput lebih memilih produk lokal dalam menghadapi MEA,” ujar Nikson ditengah agenda reuni akbar alumni SMPN 1 Tarutung di Gedung Sopo Partungkoan Tarutung, semalam.

Menurut dia, dalam menghadapi pasar bebas untuk wilayah Asean tersebut, masyarakat seyogianya menghargai produk lokal dengan melakoni aktivitas penjualan dan pembelian produk tersebut.

“Selayaknya kita menjual dan membeli produk kita sendiri. Sehingga kita tidak tergilas oleh produk-produk luar yang masuk dalam pasar daerah,” sebutnya.

Nikson memaparkan cara untuk menciptakan penghargaan atas penggunaan produk lokal melalui koperasi atau bentuk usaha dengan saham pribadi agar produk lokal dapat menjadi primadona di daerah sendiri.

“Mari kita cintai kemajuan, ilmu pengetahuan dan kesuksesan sehingga terlahir anak-anak Taput yang cerdas dan sukses dalam menghadapi hidup dan kehidupan,” tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Rinto Aritonang


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016