Jakarta, 18/1 (Antara) - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Hasyim Muzadi menemui lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya sering mendapatkan keluhan dari masyarakat yang datang ke Wantimpres, sehingga dari pada saya hanya berdasarkan berita-berita, kan saya lebih baik datang ke sini bertanya sendiri bagaimana masalah yang sesungguhnya," kata Hasyim usai bertemu dengan lima pimpinan di gedung KPK Jakarta, Senin.

Hasyim mengaku bertemu dengan lima komisioner KPK Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, Saut Situmorang dan Laode Syarif.

"Saya sudah ketemu pimpinan KPK, selama satu jam penuh, beberapa hal bisa diambil kesimpulan. Pertama bahwa koordinasi antara KPK dengan penegak hukum lain relatif membaik nah tinggal sekarang efektivitasnya dari koordinasi itu," ungkap Hasyim.

Kedua, Hasyim juga membicarakan bagaimana keseimbangan antara penindakan dan pencegahan.

Selanjutnya Hasyim juga berharap KPK bersama dengan aparat penegak hukum lain terjun ke masyarakat untuk memberikan penjelasan bagaimana pemberantasan korupsi di Indonesia.

Mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU) itu pun menegaskan bahwa KPK tetap menangani sejumlah kasus yang bukti-buktinya mencukupi.

"Kalau kasus-kasus itu, selama bukti-bukti cukup Insya Allah ditindaklanjuti," tambah Hasyim.

Namun Hasyim tidak menjelaskan kasus-kasus apa yang ia bicarakan dengan lima pimpinan KPK tersebut.

Pewarta: Desca Lidya Natalia

Editor : Fai


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016