Lubukpakam, 26/11 (Antarasumut) - Kabupaten Deliserdang tuan rumah puncak Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke – 50 tahun 2015 tingkat Sumatera Utara yang dipusatkan di Lapangan KB Lubukpakam, Kamis.

Plt Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi dalam kesempatan itu mengatakan secara konstitutional, pendidikan adalah tanggung jawab pemerintah.

Namun secara moral  pendidikan  adalah tanggung jawab setiap orang yang terdidik, maka kita harus mengubah perspektif dalam  mendorong kualitas keberaksaraan  kita, dan  meningkatkan keberaksaraan adalah gerakan bersama.

Sementara Wakil Bupati  Deliserdang Zainuddin Mars mengatakan daerah itu telah memperoleh banyak kemajuan di sektor pendidikan khususnya dalam upaya  memeberantas buta aksara.

Tentu tidak terlepas  dari kontribusi penting yang diberikan oleh semua  daerah/Kabupaten / Kota  dan Provinsi  di seluruh tanah air  yang telah melakukan derap langkah yang sama dalam memerangi buta aksara ini.

Di Deliserdang sendiri, kata dia, pemberantasan buta aksara ini dilakukakan  tanpa henti, sehingga  telah membuahkan hasil yang sangat menggembirakan  dengan diterimanya penghargan dari Pemerintah Pusat berupa Anugerah Aksara Madya.

Keberhasilan tersebut karena Deliserdang menekan angka buta aksara menjadi hanya tinggal 0,2 persen saja dari hampir dua juta  jiwa penduduk Kabupaten Deli Serdang.

Karenanya  dengan penyelenggaraan HAI tersebut, diharapkan memberikan motivasi dan tambahan semangat baru untuk terus bekerja  keras melakukan  berbagai program  kegiatan.

Tidak saja  untuk  pemberantasan buta aksara  ini , tapi juga bagi membangun dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Deli serdang  untuk menjadi lebih baik kedepan sejalan dengan visi pembangunannya yaitu  “ Deli Serdang yang maju, berdaya saing, religiuis dan bersatu dalam kebhinekaan “

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015