Medan, 24/11 (Antarasumut) - Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi meminta berpesan kepada para Bupati/walikota agar melanjutkan revitalisasi Gerakan Pramuka.

Hal itu disampaikan pada acara Pembukaan Jambore Daerah Sumatera Utara Tahun 2015 di Bumi Perkemahan Sibolangit, Selasa (24/11).

Jambore Daerah Sumatera Utara tahun 2015 merupakan perkemahan bagi anggota penggalang Gerakan Pramuka yang digelar setiap 5 tahun sekali.  

Kegiatan berlangsung selama sepekan mulai tanggal 24-29 November yang melibatkan 4.416 personil yang terdiri dari penggalang 3.658 orang, Pembina 655 orang dan panitia 103 orang.

Dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Sumut Robertson , Plt Gubsu secara khusus berpesan agar pihak berwenang memberikan dukungan dan fasilitasi untuk pembentukan dan perluasan Gugus Depan berbasis sekolah dan komunitas di seluruh pelosok Sumatera Utara.

Hal tersebut menurutnya penting  karena Pramuka bisa menjadi tameng pelindung bagi pemuda dalam menghadapi berbagai ancaman seperti aksi kekerasan, radikalisme, terorisme serta penyalahgunaan narkoba.

Kepada para bupati/ walikota, Plt Gubsu juga berpesan agar dapat memberikan dukungan pada pengembangan gerakan Pramuka di wilayah masing-masing.

“Lakukan pembinaan yang terencana dan berkesinambungan untuk kegiatan Gerakan Pramuka,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar daerah bisa memberikan alokasi dana yang cukup dari APBD masing-masing untuk pendidikan, pembinaan, kegiatan dan operasional organisasi gerakan Pramuka. Dia meminta para bupati dan walikota bisa mendorong dan mengajak kalangan dunia usaha dalam pengembangan gerakan Pramuka melalui Program Corporate Social Rensponsibility.

“Kedepankan prinsip dan metode kepramukaan universal, perkokoh peran gerakan pramuka sebagai bagian system pendidikan nasional bagi kaum muda yang dapat mencetak bibit unggul pemimpin masa depan  bangsa.

Kepada para peserta Jambore tahun 2015, Plt Gubsu juga berpesan agar kegiatan Jambore dimanfaatkan untuk menyerap pengalaman, pengetahuan dan keterampilan.

"Tanamkan kebanggan sebagai anak Indonesia. Giatlah belajar, taatlah beribadah, rajin berolahraga, hormati orang tua dan guru, pereratlah persahabatn dan keakraban dengan rekan-rekan kalian,” pesannya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015