Sei Rampah, 24/11 (Antarasumut) - Banyak cara dalam membina generasi muda, salah satunya adalah dengan membuat program kegiatan seperti Pramuka. Sebagaimana amanat UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Dimana bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun  Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI), mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.

Hal ini dikemukakan Pj. Bupati Serdang Bedagai (Sergai) selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabicab) Ir. H. Alwin M.Si saat menjadi Irup pada upacara pelepasan Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Sergai menuju Jambore  Daerah Sumatera Utara (Jamdasu) Tahun 2015 di halaman Kantor Diknas di Sei Rampah, Selasa (24/11).

Lebih lanjut disampaikan Pj. Bupati Sergai bahwa banyak sekali kegiatan kepramukaan yang bernilai positif untuk mengendalikan kenakalan remaja belakangan ini.  

Di dalam organisasi Pramuka kita dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh dibangku sekolah, belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab serta belajar memimpin anggota lainnya.

Semua itu menempa kita sebagai generasi penerus yang mandiri, berani, bertanggung jawab, berdisiplin dan terampil, jelas Pj. H. Alwin.

Kepada adik pramuka yang mengikuti Jamdasu agar bersyukur dapat menikuti event ini, “karena kalian lah yang terpilih sebagai perwakilan dan membawa nama Kabupaten Sergai ini.

Untuk itu Saya berharap agar kita semua memberikan pesan dan kesan yang baik selama mengikuti kegiatan ini serta mengenalkan potensi daerah Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat kepada peserta jamdasu dari kabupaten lain.

Sedangkan kepada kakak pembimbing dan pembina pendamping agar terus mendampingi adik-adik pramuka dengan memberikan perhatian agar tidak ada kekurangan dan permasalahan di kegiatan ini nantinya, ujar Ir. H. Alwin.

Sebelumnya Ketua Kwartir Cabang Sergai Drs. Joni Walker Manik MM melaporkan tujuan event Jamdasu Tahun 2015 untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka yaitu Trisatya dan Dasadarma.

Dengan sasaran meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, terbinanya tali persaudaraan dan ikut serta membangun jati diri bangsa. Kemudian meningkatkan pengembangan mental, fisik, pengetahun, jiwa kepemimpinan dan kepercayaan, rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara serta menambah pengalaman dan keterampilan.

Jamdasu yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit Deli Serdang sejak tanggal 24 sampai 29 Nopember 2015 diikuti 299 peserta ditambah 38 orang pemimbing, 10 pembina pendamping dan 2 orang tim kesehatan.

Kegiatan Jamdasu ini diisi kegiatan dalam perkemahan dan non rotasi. Kegiatan dalam perkemahan antara lain keagamaan, olahraga, kebersihan, kerapihan dan ketertiban, upacara bendera, permainan persaudaraan, forum penggalang, anjangsana, kunjungan pameran, games dan kuis serta kegiatan pengenalan saka (rotasi), tanggap bencana, tehnologi dan industri, petualangan dan wisata.

Sedangkan kegiatan non rotasi yakni kegiatan pendidikan dan seni budaya seperti  diskusi pendidikan, pemutaran film pendidikan, jumpa tokoh, pentas seni daerah, karnaval danfestival nusantara serta api unggun.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015