Seirampah, Sumut, 18/11 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui berbagai pelatihan dan pendidikan.

"Peningkatan kompetensi tenaga guru PAUD juga tidak kalah penting dengan guru lainnya. Itulah makanya pelatihan kerap digelar agar gur-guru PAUD terus meningkat kompetensinya," kata Sekretaris Daerah kabupaten (sekdakab) Serdang Bedagai Haris Fadillah di Seirampah, Rabu.

Hal itu dia sampaikan saat membuka pelatihan peningkatan kualitas SDM bagi pengelola, guru Taman Kanak-Kanak dan pengurus Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) se-Serdang Bedagai di Gedung Replika Istana Sultan Serdang.

Pemkab Serdang Bedagai menyinergikan berbagai program dan kegiatan yang diarahkan pada peningkatan dan pengembangan PAUD, diantaranya penyediaan prasarana PAUD, pembangunan TK negeri di setiap kecamatan.

Selain itu penyediaan tenaga pendidik, pendidikan dan pelatihan tenaga pengelola pusat serta pengalokasian anggaran guru mendukung PAUD.

Pihaknya menyadari penyelenggaraan PAUD harus dipersiapkan dengan lebih baik, dengan begitu GOPTKI diharapkan senantiasa berperan aktif terhadap anak usia dini untuk membentuk watak bangsa menjadi anak Indonesia yang berkualitas di tengah banyaknya tantangan serta bagaimana meningkatkan kualitas mutu pendidikan pengajaran.

"Karena itu PAUD sangat dibutuhkan serta harus ditingkatkan dan dikembangkan, dari segi sarana, prasarana maupun dalam segi menyampaikan materi pembelajaran," katanya.

Ia berharap pelatihan tersebut dapat memberikan bekal kepada seluruh pengurus, pengelola dan guru agar memiliki kompetensi, kualifikasi dan profesionalitas dalam pembinaan dan pengembangan TK di daerah itu. ***4***


Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015