Tarutung, 16/11 (Antarasumut) – Dinas Pariwisata Pemkab Taput mengungkapkan rencana pengembangan ekowisata dan agrowisata sebagai upaya peningkatan  kepariwisataan daerah itu yang mampu menjadi obyek penarik perhatian pengunjung wisatawan.

“Ekowisata dan agrowisata menjadi bidikan dalam memajukan sektor pariwisata Tapanuli Utara. Hal tersebut mengingat daerah ini yang merupakan daerah pertanian dengan ekosistemnya yang memberikan kesempatan dan peluang besar untuk dikembangkan dalam upaya menarik minat kunjungan wisatawan,” ujar Gibson Siregar, Kepala Dinas Pariwisata, Senin.

Menurut dia, meski berniat memajukan sisi pariwisata dimaksud, pihaknya juga akan tetap melakukan pembenahan atas obyek wisata yang telah ada.

Dirinya juga bermaksud untuk mengumandangkan semboyan pariwisata baru daerah itu yang berbunyi ‘The piecefull and nice place to visit and stay’ atau dengan terjemahan sebagai tempat yang indah dan damai untuk dikunjungi serta dihuni.

“Memajukan dua sisi pariwisata ini, bukan berarti kita meninggalkan obyek yang selama ini menjadi ikon Tapanuli Utara, yakni Salib Kasih Tarutung. Namun, biarlah obyek tersebut tetap menjadi obyek wisata religius yang telah menarik perhatian pengunjung ke daerah ini,” terangnya.

Untuk mewujudkan langkah dalam memajukan sisi pariwisata yang disebutkannya, Gibson mengimbau agar seluruh elemen masyarakat secara bersama memberikan keseriusan dalam mencerdaskan tentang apa dan bagaimana itu pariwisata. Sebab, sumber daya alam wisata tidak ada habisnya seperti sumber daya alam lainnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Rinto Aritonang


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015