Tapanuli Selatan 4/11 (Antarasumut)- Puskesmas Rawat Inap Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan yang memiliki luas bangunan 1.460 meter persegi resmi dibuka langsung Pj Bupati Tapsel Dr H Sarmadhan Hasibuan, Rabu.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Tapanuli Selatan Sarmadhan Hasibuan bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan Ismail Fahmi Ritonga secara resmi membuka pelayanan Puskesmas Rawat Inap Batang Toru untuk publik.

Pj Bupati Tapanuli Selatan Sarmadhan Hasibuan menjelaskan “Fasilitas layanan kesehatan rawat inap pertama di Kecamatan Batangtoru ini berada di lokasi strategis yang dapat terjangkau oleh masyarakat".

Kiranya fasilitas ini beserta seluruh sumber daya yang ada di dalamnya dapat melaksanakan amanatnya untuk berguna sepenuhnya menjadi pusat pengembangan kesehatan masyarakat serta memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya, ujarnya.

Peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas Batangtoru tersebut dilakukan oleh Bupati Tapanuli Selatan yang diwakili oleh Sekda Tapanuli Selatan Aswin Siregar pada 28 November 2014 lalu.

Setelah selesai dibangun, Puskesmas ini diserahterimakan resmi oleh Tambang Emas Martabe kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan pada 11 Juni 2015 untuk digunakan masyarakat luas.

Puskesmas Rawat Inap Batangtoru memiliki beberapa ruang layanan dan fasilitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti Instalasi Gawat Darurat, Ruang Operasi, Ruang Persalinan, Ruang Rawat Inap, Ruang Poli, Aula Pertemuan, Ruang Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), Ruang Pusat Informasi Kesehatan Wanita, Laboratorium, Ambulans dan fasilitas pendukung lainnya.

Tambang Emas Martabe turut mendukung pembangunan Puskesmas Batangtoru dengan mengeluarkan biaya dukungan supervisi dan pembangunan serta penyediaan alat-alat penunjang senilai Rp.5 miliar. 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : khairularief


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015