Tebing Tinggi,4/11(Antarasumut) - Bimtek ini bertujuan menambah wawasan, pengetahuan dan pemahaman lebih komprehensif dalam penerapan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) dan pelaporannya di SKPD.

SAKIP adalah rangkaian sitematik dari berbagai aktifitas,alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan, pengukuran,pengumpulan data,pengklarifikasian,pengikhtisaran dan pelaporan kinerja instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Oki Doni Siregar pada pembukaan Bimtek rencana tindak pengendalian laporan kinerja pemerintah, Rabu(4/11) di Gedung Balai Sawiyah Nasution.

Dikatakan kegiatan ini difokuskan untuk penyusunan dokumen kinerja agar sesuai ketentuan perudang-undangan dan diharapkan mengindentifikasi kelemahan-kelemahan pada dokumen kerja yang telah disusun,dimulai tahap penyusunan sampai pelaporan juga dapat diketahui solusinya.

Untuk diketahui saat ini evaluasi terhadap sistem akuntabilitas kinerja instansi Pemko Tebing Tinggi TA 2013 mendapatkan nilai CC, hal ini menunjukan akuntabilitas kinerja telah berjalan cukup baik, namun masih dibutuhkan perbaikan mendasar terhadap dokumen kinerja,ujarnya.

Untuk diharapkan kepada para peserta bimtek ini dapat mengikuti secara bersungguh-sungguh dan serius, ilmu yang didapat selama mengikuti Bimtek dalam diterapkan pada Dokumen kerja instansi masing-masing, sehingga nilai evaluasi SAKIP Pemko Tebing Tinggi dimasa mendatang semakin baik.

Sebelumnya memberikan laporan Ka Inspektur Kota Tebing Tinggi H.Marapusuk Siregar.SH menyampaikan Bimtek ini diikuti oleh 30 orang peserta ASN yang menduduki Jabatan Sekertaris,Kepala Subbag Perencanaan, atau pejabat penyusun LAKIP di SKPD berlangsung selama 2 hari.

Narasumber dalam Bimtek ini berasal dari Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara,masing-masing Ramli Lubis,Tiurmauli Hutagaol,Daniel Hutabarat dan Mitriani Manalu.

Materi yang disampaikan dalam bimtek ini Pemahaman tentang Permenpan No 53 tahun 2014,Dokumen Perencanaan (RPJMD,Rentra dan Renja),penyusunan Lakip,Rencana Tindak Pengendalian dan Simulasi.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Dhani Elison


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015