Sidikalang, 24/8 (Antarasumut) - Kelompok Kebun Keluarga CU Unit Rimni Tahi Jambur Indonesia bersama dengan Perkumpulan Sada Ahmo (PESADA) Kabupaten Dairi melakukan Panen Perdana Padi Sawah Organik EMAS (Enak, Mudah, Aman, Sehat) di Desa Jambur Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Senin.

Kegiatan tersebut yang dilaksanakan di salah satu lahan percontohan dihadiri oleh Kepala Desa setempat, Maringan Pardede selaku koordinator wilayah Dairi, Pakpak Bharat dan Samosir serta para peserta Kelompok Kebun Keluarga dari Dairi dan Pakpak Bharat.

Kepala Desa mengharapkan agar kegiatan panen tersebut dapat menjadi percontohan bagi desa yang lain sehingga Padi Sawah Organik dapat dikembangkan disetiap desa.

Sementara itu Dinta perwakilan dari Kelompok Kebun Keluarga dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih kepada Kelompok Kebun Keluarga Desa Sopo Butar karena pihaknya disambut dengan cukup baik.

Dinta mengatkan mereka merasa cukup senang dan bangga karena Padi Sawah Organik yang sebelumnya ditanam dapat bertumbuh dan menghasilkan Padi yang berkualitas. Dinta berharap dengan adanya kegiatan tersebut, Desa-Desa yang lain dapat semakin termotivasi untuk ikut serta juga menanam Padi Sawah Organik dengan metode SRI karena mengguanakan bahan pupuk organik.

Dalam kesempatan yang sama, koordinator wilayah Dairi, Pakpak Bharat dan Samosir dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para petani khususnya petani yang ada di desa tersebut.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa kegiatan tersebut sudah merupakan kegiatan yang ke dua kalinya dimana kegiatan yang pertama telah dilakukan pemanenan.

Untuk masalah benih koordinator tersebut menjelaskan bahwa benih yang ditanam adalah benih Petik Wangi yang didatangkan dari Jawa dan sedang diuji coba di desa tersebut apakah cocok untuk ditanam di areal tersebut sehingga nantinya dapat dikembangkan dikemudian hari.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015