Simalungun, Sumut, 20/8 (Antara) - Komandan Kodim 0211/Tapanuli Tengah, Letnan Kolonel Inf Indra Kurnia tertarik dengan lahan percontohan sentra pertanian yang dikelola Kontak Tani Nelayan Andalan atau KTNA Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Saat lintas di lokasi yang berada di Nagori Purbasari, Kecamatan tapian Dolok, dalam perjalanan menuju ke Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis, Indra menyempatkan waktu untuk singgah.

Indra menyampaikan ketertarikan melihat spanduk di lokasi pertanian yang menggunakan pupuk organik dan menjajaki kerja sama dengan KTNA Simalungun.

Indra banyak menanyakan cara pemanfaatan pupuk organik, serta bibit tanaman pertanian, sehingga produksinya bisa maksimal.

"Nantinya bisa diterapkan di lahan program ketahanan pangan yang dikelola Koramil di jajaran Kodim 0211 Tapteng," jelas Indra.

Indra mengatakan, jajaran Kodim 0211/TT bekerja sama dengan pemerintah setempat melakukan pendampingan kepada petani dan juga mengolah lahan padi sawah.

Ketua KTNA Tapian Dolok, Robert Sitohang mengatakan, di lahan percontohan kerja sama dengan pemerintah daerah, dikembangkan berbagai jenis tanaman dengan bibit unggulan seperti jagung, bawang, melon dan ubi kayu, serta beberapa jenis palawija menggunakan sistem pertanian moderen serta pupuk organik.

"Lahan percontohan KTNA di Tapian Dolok memang diharapkan menjadi tempat belajar para petani dalam meningkatkan produksi," kata Robert.

KTNA Kabupaten Simalungun kata Robert, membuka pintu bagi petani maupun jajaran Kodim 0211/TT untuk belajar pengelolaan pertanian di lahan percontohan Tapian Dolok. ***3***



Pewarta: Waristo

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015