Asahan, Sumut, 30/7, (Antarasumut) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Sumatera Utara (Sumut) ke 35 tahun 2015 yang dilaksanakan di Kabupaten Asahan diikuti oleh 15 peserta cacat netra (Canet).

Ketua Seksi Tilawah MTQN Sumut, Ahmad Kosim Marpaung menjelaskan ada 4 peserta dari beberapa kafilah yang belum mendaftar kembali kepihak panitia. Sehingga data yang diterima hingga kini hanya 11 peserta. Kalau data, ada 15 yang ikut. Namun hingga kini baru 11 orang yang mendaftar, demikian kata Kosim, Kamis di lokasi mimbar utama MTQN Sumut.

Ke 15 peserta tersebut terdiri dari beberapa kafilah, diantaranya berasal dari kafilah Medan sebanyak 2 peserta, PT Lonsum 2 peserta, Sergai 2 peserta, Madina 1 peserta, Tanjung Balai 2 peserta Binjai dan Deli serdang 2 peserta.

Terkait dengan perlombaan bagi Canet, Kosim menjelaskan bahwa setiap peserta canet akan membawakan 3 bacaan untuk berlomba di mimbar. Sebelumnya setiap peserta akan menentukan bacaannya dengan cara mencabut ayat yang telah disiapkan panitia.

Bacaan yang akan dibaca para peserta Canet akan ditentukan dari hasil pencabutan ayat, ujar Kosim sembari mengatakan perlombaan golongan canet dilakukan selama 2 hari. 30 hingga 31 Juli 2015 pada pukul 16.00 Wib.

Untuk dihari pertama, kafilah yang bakal berlomba adalah dari Medan, Sergai, Madina, Lonsum dan Deli Serdang. Dan pelaksanaan perlobaan untuk canet dilakukan di Masjid Al-Muhajirin, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan KisaranBarat, Kabupaten Asahan.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015