Asahan, Sumut, 30/7, (Antarasumut) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Sumatera Utara (Sumut) yang di laksanakan di Asahan memiliki tujuh lokasi perlombaan.

Kepala Bagian Humas Setdakab Asahan, M Ajim, Kamis, menjelaskan bahwa Pemkab Asahan telah menunjuk tujuh lokasi pelaksanaan MTQN Sumut di Asahan. Yakni untuk Cabang Tilawah golongan Dewasa, tilawah golongan remaja, dan qiraah sabah ditempatkan di mimbar utama yakni dilokasi Masjid Agung Asahan.

Kemudian di Masjid Al-Muhajirin Kelurahan Sidodadi Kecamatan Kisaran Barat diperlombakan cabang tilawah golongan tartil, tilawah golongan tuna netra dan tilawah golongan anak-anak. Untuk cabang hifzil golongan 10, 20 dan 30 juz di masjid Raya Kisaran jalan Imam Bonjol.

Sedangkan cabang fahmil quran diperlombakan di Gedung Serba Guna Kisaran, Cabang Syarhil Quran dilapangan Hoky Kisaran. Dan cabang khatil, cabang tafsir, dan karya ilmiah al Quran berlokasi dikomplek Pesantren Modren Daar Uluum. (PMDU).

Lokasi ini merupakan lokasi yang telah ditunjuk oleh Bupati Asahan dan merupakan lokasi yang dinilai dapat melayani kafilah yang akab berlomba. Dan apalagi Bupati Asahan telah menegaskan akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta, demikian kata M Ajim dilokasi pameran Expo MTQN Sumut.

Dari data yang diterima, M Ajim menyebutkan bahwa peserta yang mengikuti MTQN tersebut sebanyak 898 orang. Untuk cabang tilawah ada 288 orang, cabang hifzil sebanyak 157 orang, cabang fahmil sebanyak 29 group, cabang syarhil 30 group, khatil 163 orang, qiraah sabaah 33 orang, tafsir 43 orang dan karya ilmiah 37 orang.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015