Tarutung, Sumut, 14/7 (Antara) Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengatakan bahwa sebagai hasil kunjungan seminggu di negeri Sakura Jepang menyoal jalinan kerjasama untuk memajukan sepakbola daerah itu dengan Kashima Antlers, salah satu klub Divisi Utama Liga Nasional Jepang, sangat memuaskan.

Di sana, kita juga dijamu Direktur Kashima Antlers. Mereka berharap keseriusan kita dalam menjalin kerjasama pengembangan sepakbola di daerah ini, ungkap Nikson, Selasa di Tarutung.

Kata Nikson, Kashima Antlers akan segera hadir di Taput untuk memajukan dunia sepakbola daerah itu.

Kita sangat berterimakasih atas pernyataan mereka untuk segera hadir dalam memajukan sepakbola Taput. Kita tunggu saja kehadirannya, sebutnya.

Upaya memajukan bidang olahraga sepakbola tersebut diawali saat kunjungan rombongan Japan International Cooperation Agency (JICA) sebagai Badan kerjasama Internasional Jepang ke Taput, belum lama ini.

Saat itu, Kawasaki Junichi yang mewakili Pusat Pelatihan Sepakbola Kashima Antlers untuk usia 18 tahun ke bawah, mengutarakan niat untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Taput untuk memajukan persepabolaan di daerah itu.

Menurut Kawasaki Junichi, jalinan kerjasama untuk memajukan sepak bola tersebut lahir dari ide awal untuk menyerahkan bantuan seragam dan bola kaki yang terinspirasi saat melihat sekelompok anak bermain bola dengan semangat di salah satu sudut Kota Medan.

Kashima Antlers merupakan salah satu klub sepak bola yang disegani di Jepang dan bermarkas di Hokota City. Klub tersebut telah berhasil memenangi 7 pertandingan Liga Jepang, katanya saat kunjungannya yang didampingi Shido Makoto (Komite Project Manager Kota Hokota Untuk Merek Asosiasi Promosi Spesialisasi Lokal), Toshihide Suzuki, serta lima orang kolega lainnya di JICA, termasuk seorang penerjemah.

Dikatakannya, kerjasama tersebut akan mengikuti jejak kerjasama yang telah terjalin di bidang pertanian.

JICA siap membuka kerjasama bidang keolahragaan sepak bola untuk tujuan mengembangkan dunia sepak bola di Tapanuli Utara. Sehingga, anak muda berbakat dalam bidang tersebut, nantinya dapat bergabung di pusat pelatihan di Jepang.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015