Medan, 10/4 (Antara)- Wakil Gubernur Sumatera Utara H Tengku Erry Nuradi meminta maskapai penerbangan dan biro perjalanan wisata melakukan langkah strategis memanfaatkan bebas visa untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan.

"Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan bebas visa kepada 45 negara dalam upaya mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Indonesia. Kebijakan itu harus dimanfaatkan pelaku industri pariwisata,"katanya pada pembukaan Garuda Indonesia Travel Fair (GITV) 2015.

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumut sekitar 200 ribu orang per tahun dinilai masih terlalu rendah dibandingkan potensi yang ada, apalagi jumlah itu turun dibandingkan era tahun 1990an yang sempat mencapai 500.000 orang.

Potensi objek wisata Sumut yang besar ditambah jumlah hotel dan restoran yang memadai, katanya harusnya bisa menarik minat wisatawan mengunjungi Sumut.

Vice Presiden Regional 1 Domestic Garuda Indonesia M Rizal Pahlevi, menyebutkan, Garuda Indonesia terus melakukan terobosan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Garuda ingin lebih berperan lagi dalam upaya Pemerintah meningkatkan wisman dalam rangka peningkatan devisa dari sektor itu,"katanya.

Salah satu langkah Garuda adalah dengan mengelar GITV yang memberikan kemudahan dan harga tiket murah pada tiket keberangkatan dan kedatangan.

Langkah lainnya adalah dengan membuka rute-rute baru dan menambah frekuensi penerbangan untuk memudahkan wisatawan berwisata.***3***
(T.E016/B/Subagyo/C/Subagyo)

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015