Simalungun, Sumut, 31/3 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, membangun sebuah area peristirahatan sejenak ("rest area") di Desa Parbalokan, sebagai upaya mendukung pengembangan sektor wisata daerah iti.

"Ini dalam upaya mendukung sektor pariwisata dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah ini," kata Bupati Simalungun, Jopinus Ramli Saragih, saat meninjau lokasi di Kecamatan Purba bersama jajaran SKPD, Selasa.

Rencananya, rest area juga dijadikan lokasi wisata kuliner andalan dengan menawarkan hasil kerajinan, seperti ulos, ukiran, batik maupun hasil olahan kelompok tani.

"Bahkan setiap perajin kami gaji agar hasil karyanya efektif dan mereka kami daftarkan dalam Program BPJS," kata Bupati.

Pemkab juga menyediakan pameran dan pagelaran sejarah budaya Simalungun supaya diketahui umum, sekaligus upaya pengenalan peninggalan leluhur kepada generasi muda.

Untuk pengembangan areal, Pemkab menggandeng travel perjalanan maupun pihak pengelola hotel, dengan melibatkan Dinas Pariwisata, Disperindag, Disdik dan Dinas Koperasi.

"Setiap wisatawan yang berkunjung ke Simalungun, akan kami wajibkan singgah ke rest area dan disambut penari-penari Simalungun. Kami pandu, kami siapkan paket-paket perjalanan," papar bupati.

Bupati berharap seluruh elemen masyarakat mendukung program tersebut agar pariwisata Simalungun berkembang, sehingga diminati wisatawan, baik lokal maupun manca negara.

"Rest area segera di buka pada April 2015," kata bupati yang menginstruksikan konsultan melengkapi fasilitas pendukung wisata lainnya. ***4***
(T.KR-WRS/B/Farochah/Farochah)

Pewarta: Waristo

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015