Simalungun, Sumut, 23/3 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, berupaya membantu petani kentang dengan menyiapkan lahan untuk lokasi pembibitan untuk lebih mengembangkan produksi komoditi pertanian ini.

"Selama ini petani membeli (bibit kentang) dari luar daerah," kata Bupati Simalungun, Jopinus Ramli Saragih, usai panen bibit kentang di Nagori (Desa) Purba Sipinggan, Kecamatan Purba, Senin.

Untuk lokasinya, Pemkab akan membuka lahan baru, karena penangkaran bibit kentang di Nagori Purba Sipinggan berada jauh ke pedalaman, sehingga menyulitkan petani untuk menjangkau daerah ini.

"Kita ada lahan di Raya dan Batu 20 (Pane). Kita lakukan evaluasi, dan pembahasan melibatkan instansi terkait dan kelompok tani," kata bupati.

Pemkab juga menjajaki kerjasama dengan sejumlah restoran cepat sajidan produsen makanan ringan, untuk memasarkan produksi kentang petani.

"Kita harapkan harga pembelian bisa lebih tinggi, daripada dijual kepada pengumpul. Dan kesejahteraan petani akan meningkat," kata bupati.

Kepala Dinas Pertanian Pemkab Simalungun, Jan Posman Purba berharap penangkaran bibit kentang di Kecamatan Purba mampu menjadi sentra penghasil bibit berkualitas dan mampu meningkatkan produksi petani.

"Kita siap untuk membantu petani mengembangkan kemampuan dan daya produksi dengan memberikan pembekalan dan bibit berkualitas," kata Jan Posman.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Simalungun, Darwis Sipayung mendukung upaya pemerintah daerah untuk menjalin kerjasama dalam pemasaran kentang Simalungun. ***3***
(T.KR-WRS/B/R. Sinaga/R. Sinaga)

Pewarta: Waristo

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015