Medan, 9/3 (Antara) - Partai Perindo Sumatera Utara akan menyeleksi sekitar 200 orang untuk jabatan ketua parpol baru tersebut di tingkat kabupaten dan kota setempat.

Ketua Partai Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan di Medan, Senin mengatakan, pendaftar melalui surat elektronik, dan kantor DPW sudah sekitar 200 orang.

Profesi tokoh yang mendaftar menjadi Ketua Partai Perindo di kabupaten/kota tersebut cukup bervariasi, mulai dari tokoh ormas, mantan ketua parpol, hingga kalangan pengusaha.

"Profesi calonnya sangat beraneka ragam," katanya tanpa menyebutkan nama-nama yang mendaftar.

Pihaknya menghargai banyaknya minat tokoh di kabupaten/kota di Sumut untuk menjadi ketua Partai Perindo di daerah masing-masing.

Meski demikian, kata Rudi, pihaknya telah menyiapkan sejumlah proses seleksi untuk mengetahui kualitas, integritas, dan kemampuan tokoh-tokoh yang mendaftar tersebut.

Setelah mempelajari jejak rekam seluruh calon, pihaknya akan menyeleksi calon-calon yang ada melalui tim independen yang akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Untuk calon ketua di Kota Medan dan daerah yang berdekatan, uji kelayakan dan kepatutannya akan dilaksanakan pada 16-17 Maret 2015.

Sedangkan untuk calon ketua yang daerahnya jauh dari Kota Medan, uji kelayakan dan kepatutannya akan dilaksanakan 20-21 Maret 2015.

"Tujuannya agar kami mendapatkan calon yang terbaik dari semua yang baik ini. Pengurus pusat juga berkeinginan untuk turun dalam seleksi ini," katanya.

Menurut dia, tim independen tersebut terdiri dari lima orang yakni akademi, tokoh masyarakat, praktisi, kalangan media, dan internal Partai Perindo.

"Kandidat benar-benar diseleksi untuk mendapatkan yang unggul di setiap kabupaten/kota," ujar Rudi didampingi Sekretaris Partai Perindo Sumut Binsar Simatupang. ***2***
(T.I023/B/A.J.S. Bie/A.J.S. Bie)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015