Medan, 22/1 (Antara) - Bank Sumut dan Dana Pensiun Perkebunan PT Perkebunan II, III dan IV sepakat untuk meningkatkan kerja sama setelah sebelumnya melakukan pembukaan rekening untuk 40.819  pensiunan PTPN.

"Bank Sumut berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah termasuk para pensiunan PTPN (Perkebunan Nusantara) II, III dan IV," kata Direktur Pemasaran Bank Sumut, Ester Junita Ginting di Medan, Kamis.

Dia mengatakan hal itu pada pertemuan silaturahim dan evaluasi program dengan para pengurus dan anggota Dana Pensiun Perkebunan (Dapenbun) PTPN II, III dan IV, Persatuan Purnawirawan Perkebunan RI (P3RI) dan manajemen PTPN itu.

Acara yang dimulai dengan makan siang bersama itu tampak penuh keakraban yang antara lain dengan atraksi "hipnotis" oleh Wakil Ketua PB P3RI Aspan Efendy Nainggolan.

Menurut Ester, dimulai dengan perjanjian kerja sama Bank Sumut - Dapenbun 20 Februari 2014 dan diimplementasikan dengan pembukaan rekening pensiunan PTPN II dan III pada April 2014.

Kemudian disusul pembayaran manfaat pensiunan pada Juni 2014, hingga dewasa ini pembukaan rekening sudah mencapai 40.819 orang yang dikelola 63 unit kantor Bank Sumut.

Jumlah itu sudah termasuk pembukaan rekening tabungan dan pembayaran manfaat pensiunan karyawan PTPN IV yang dilakukan sejak Agustus 2014.

"Suatu kerja sama yang bagus. Bank Sumut mengapresiasi kepedulian dan dukunggan semua direksi PTPN, Dapenbun dan P3RI serta tentunya para pensiunan," katanya.

Manajemen Bank Sumut sendiri terus berupaya meningkatkan pelayanan di mana selain layanan diberikan oleh manajemen kantor operasionalnya yang strategis dan dekat dengan wilayah unit kebun.

Juga, katanya, Bank Sumut tetap dengan komitmennya sebagai "agent of regional development".

"Kami siap melayani lebih banyak lagi para pensiunan PTPN di seluruh kabupaten/kota di Sumut, termasuk bagi pensiunan yang membuka usaha," ujar Ester.

Semua layanan itu diyakini bisa dilakukan Bank Sumut yang sudah didukung berbagai fasilitas perbankan dan jaringan kantor yang mencapai 252 unit.

"Bank Sumut berharap, kerja sama dengan Dapenbun dapat lebih meningkatkan manfaat dan 'value' atau nilai kepada para pensiunan," katanya.

Kalau dewasa ini, manfaatnya masih berupa keamanan, tepat waktu dan tepat jumlah dari penerimaan pensiun melalui bank setelah sebelumnya berupa uang tunai.

Maka kerja sama itu nantinya bisa mendapat nilai lebih seperti mendapatkan hadiah dari tabungan hingga pengucuran kredit bagi pensiunan yang memiliki usaha yang dinilai punya prospek.

Ester menegaskan, dengan pertemuan silaturahim dengan para anggota dan pengurus Dapebun, P3RI dan termasuk manjemen PTPN, maka kerja sama diyakini memberi manafaat lebih besar.

Wakil Ketua PB P3RI, Aspan Efendy Nainggolan yang mantan karyawan PTPN  IV Itu mengaku gembira dengan kerja sama dan upaya peningkatan sinergi Bank Sumut-Dapenbun itu.

"Selain sistem keuangan penerimaan gaji pensiunan semakin efektif, kerja sama dengan bank membuka celah atau harapan bagi pensiunan untuk membuka dan bahkan menjalankan usaha yang sudah dirintis sebelumnya ke arah lebih baik,"katanya.

P3RI , ujar Aspan, siap  mendukung peningkatan kerja sama dengan Bank Sumut. ***3***
(T.E016/B/T. Susilo/T. Susilo) 22-01-2015 17:49:33

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015