Balige, Sumut, 22/1 (Antara) - Bupati Toba Samosir Kasmin Simanjuntak menerima piagam penghargaan kategori terbaik II nasional dari Komisi Pemilihan Umum Pusat yang menilai pemerintahannya ikut andil menyukseskan pelaksanaan pemilihan presiden dan legislatif 2014.

"Piagam tersebut langsung kami terima dari Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik di Jakarta dan selanjutnya telah kami serahkan kepada Bupati," ujar Ketua KPUD Toba Samosir Rinto P Hutapea di Balige, Kamis.

Menurut Rinto, kerja sama dan dukungan yang diberikan Pemkab selama pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu pada beberapa waktu lalu, kini berbuah manis, karena KPU Pusat menganugerahkan penghargaan Terbaik II di tingkat Nasional kategori Pemilu.

"Pemkab Toba Samosir terpilih sebagai terbaik II di tingkat Nasional kategori Pemilu," sebutnya.

Selain itu, kata dia, kabupaten yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu, juga berhasil memperoleh predikat terbaik Pertama untuk kategori yang sama, setelah bersaing dengan 25 kabupaten dan delapan kota dari 500 kabupaten/ kota se Indonesia.

Rinto berharap, keberhasilan itu hendaknya dapat ditingkatkan, mengingat dalam waktu dekat, akan digelar pemilihan kepala daerah sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,.

Dijelaskannya, mengacu pada Perppu saat ini, tahapan pilkada akan mulai dilakukan pada Pebruari 2015 dengan perkiraan pelaksanaan pilkada pada 16 Desember 2015.

Sesuai tahapan tersebut, pihaknya telah berencana membentuk Panitia Ad Hoc PPK/ KPPS pada bulan Maret mendatang.

Diakuinya, Pemkab Toba Samosir juga melakukan fasilitasi dalam mendukung pelaksanaan pilkada tersebut. Salah satunya dengan dukungan alokasikan anggaran dalam APBD.

Sekretaris KPUD Toba Samosir Resbol Lumban Gaol menambahkan, pihaknya telah merasakan dukungan dan fasilitasi yang diberikan pemerintah daerah, untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif pada beberapa waktu lalu di daerah tersebut.

Menurut Resbol, dengan personel yang terbatas dan wilayah pemilihan cukup luas, kesuksesan yang mereka peroleh sebagai penyelenggara pemilu tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah.

Saat ini, lanjutnya, KPU Toba Samosir hanya didukung delapan orang PNS organik dan tiga PNS daerah yang diperbantukan mendukung kinerja lima komisioner.

Sementara itu, Bupati Kasmin Simanjuntak mengaku bangga dengan capaian prestasi tersebut.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tinggi terhadap seluruh pihak dan penyelenggara pemilu yang telah bekerja ekstra keras untuk mendukung tahapan pemilihan tersebut," kata Kasmin. ***2***
(KR-HIN)

(T.KR-HIN/B/A.J.S. Bie/A.J.S. Bie)

Pewarta: Imran Napitupulu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015