Sei Rampah, 12/11 (Antara Sumut) - Peserta keluarga berencana (KB) aktif di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) hingga akhir Oktober 2014 sebanyak 74,8 persen atau sekitar 86.153 akseptor.

"Kita akan terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong dan meningkatkan minat masyarakat untuk ber KB demi terciptanya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera di daerah ini," kata Bupati Sergai Soekirman di Sei Rampah, Rabu.

Soekirman mengemukakan hal itu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Sergai Syahrianto pada pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kes tingkat Kabupaten Sergai.

Selain peserta KB aktif, lanjut dia, pertumbuhan jumlah peserta KB baru di Sergai juga meningkat siginifikan, yakni sebanyak 20.985 akseptor atau 88.85 persen.

Menurut dia, keberhasilan program Keluarga Berencana-Kesehatan (KB-Kes) telah memberikan kontribusi yang cukup berarti dalam upaya mewujudkan kesejahteraan keluarga sekaligus mempercepat terwujudnya keluarga berkualitas.

Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes, lanjutnya, merupakan salah satu agenda kegiatan yang telah di programkan oleh TP PKK sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan serta tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK.

Program kegiatan TP PKK tersebut, kata Bupati, menjadi bagian penting untuk mewujudkan aspek pemberdayaan dan kemitraan dalam mendukung kinerja Pemerintah disetiap tingkatan.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan bahwa
pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kes memiliki moment yang sangat tinggi dan strategis sebagai bagian dari pelaksanaan revitalisasi program KB.

"Melalui kegiatan ini, semua instansi terkait diharapkan dapat berkontribusi dalam melakukan upaya yang nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan Kesehatan melalui kelompok dasa wisma, posyandu, pos pembantu KB desa, Sub Pos Pembantu KB Desa, Poskesdes, Puskesmas," katanya.

Acara tersebut turut dihadiri, antara lain Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut, Rabiatun Adawiyah, Ketua TP.PKK Sergai Hj. Marliyah Soekirman, Ketua DWP Hj. Imas Haris Fadillah, Kepala RSUD Sultan Sulaiman dr. Helminur Iskandar Sinaga M.Kes.

Sebelumnya Ketua Panitia Hj. Marliah Soekirman melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas program Kependudukan dan Keluarga Berencana, pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang serta kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektor dalam kesatuan gerak PKK-KB-Kes.
Kegiatan Kesatuan gerak PKK-KB-Kes ini berlangsung selama tiga bulan dimulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2014 di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Sergai.

Tema kegiatan itu, yakni 'Melalui Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes di Penghujung RPJM 2014 Kita Perkuat Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan dan Kesehatan sebagai Target Akhir Percepatan Pencapaian Millenium Development Goals (MDG’S)..

Pada acara itu juga dilakukan peninjauan ke lokasi unit pelayanan KB Medis Operasi Wanita (MOW), Medis Operasi Pria (MOP) di RSUD Sultan Sulaiman serta penyerahan hadiah Lomba Bidan Terbaik Mandiri tingkat Kabupaten Sergai. (TNA)

Pewarta: T. Nico Adrian

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014