Samosir, 22/10 (antarasumut)-  PT. Inalum (Indonesia Asahan Aluminium) menyalurkan dana Corporate social responsibility CSR Tahun 2014 sebesar Rp. 425 juta  berupa beasiswa kepada 550 siswa berprestasi di Kabupaten samosir.

Bantuan tersebut diterima Kadis Pendidikan disaksikan Bupati Samosir, Wakil Bupati Samosir  dalam acara penandatanganan serah terima bantuan di Aula AE. Manihuruk .

Kadis Pendidikan Drs. Marulak Malau, M.Si mengatakan beasiswa yang diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa berprestasi di Kabupaten Samosir, agar lebih bersemangat belajar dalam meraih prestasi sekaligus  upaya peningkatan pendidikan. Ditambahkannya bahwa beasiswa diterima 550 siswa yang terdiri dari SD sebanyak 300 orang, SMP 200 orang dan SMA 50 orang yang berasal dari selurih sekolah di Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon didampingi Direktur Umum dan SDM PT. Inalum Carry EF. Mumbunan, Wakil Bupati Drs. Rapidin Simbolon menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan siswa. Beasiwa yang diberikan berupa uang tunai dan berlangsung selama satu tahun. Untuk siswa SD memperoleh beasiswa Rp. 500.000,-/ Tahun, SMP Rp.1.000.000,-/Tahun dan SMA Rp. 1.500.000,-/ Tahun.

Drs. Rapidin Simbolon, MM selaku Wakil Bupati Samosir  mengaku, terharu dan menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas masih adanya perhatian khusus yang diinisiasi oleh PT. Inalum sebagai salah satu BUMN yang selalu memperhatikan perkembangan dan kemajuan generasi muda Kabupaten Samosir di bidang pendidikan.  Dia optimis  melalui perhatian dari semua pihak  terhadap  perkembangan generasi muda Samosir, maka Kabupaten Samosir akan lebih maju kedepannya tak terkecuali di berbagai bidang lain yang juga harus perlu mendapat perhatian khusus.

Mewakili Orang Tua Siswa/i, Lister Sinurat orang tua dari Siswi Monika Sinurat Siswi Kelas 1 SMA St. Michael Pangururan  sangat merasa bangga dan berterimakasih kepada pihak PT. Inalum atas segala bentuk bantuan yang diberikan .  bahwa dengan adanya kucuran bantuan sosial pendidikan tersebut akan semakin memacu motivasi dan semangat pelajar Kabupaten Samosir untuk semakin meningkatkan prestasi kedepannya. “Lumayan untuk dapat membantu transportasi, belanja buku, seragam dan kebutuhan prndidikan anak saya” tambah Lister Sinurat sebagai bentuk ungkapan terimakasihnya kepada PT. Inalum.

Direktur Umum dan SDM PT. Inalaum Carry EF. Mumbunan memuji keindahan danau toba, yang mampu menggemparkan dunia ribuan tahun lalu. Berdirinya PT. Inalum tidak terlepas dari Danau Toba, dimana air Danau Toba dimanfaatkan untuk memutar turbin sehingga menghasilkan listrik dalam pembuatan aluminium. Didasari hal tersebut PT. Inalum berkomitmen memberikan bantuan kepada masyarakat di kawasan Danau Toba. Ditambahkannya bahwa beasiswa tersebut merupakan  langkah awal sehingga diperlukan dukungan pemerintah daerah.

Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon menyambut baik bantuan yang diberikan PT. Inalum dan mengingatkan agar bantuan yang diterima digunakan tepat sasaran dan tepat manfaat.

''Jangan sekali-kali bantuan tersebut digunakan untuk keperluan diluar sekolah'' Tegas Mangindar di sela-sela sambutannya sembari mencoba memberika ceramah penambahan wawasan kepada para siswa dan orang tua siswa yang hadir untuk lebih mencintai Danau Toba dan sekilas pengetahuan umum menyangkut Kaldera Toba yang sedang diperjuangkan menjadi sebuah destinasi Geo Park (Taman Bumi) internasional kedepan..

Dihadapan siswa dan para orangtua siswa Ir. Mangindar Simbolon tidak lupa menekankan agar siswa rajin belajar dan tak lupa berdoa. Anak-anak  di Samosir memiliki intelektual bagus namun perlu menjaga emosional.

Dia juga menjelaskan tentang tata kerja PT. Inalum dan hubungan dengan Danau Toba. Dari luas keseluruhan, 70 persen permukaan Danau Toba berada di Kabupaten Samosir. Secara ilmu geologi proses pembentukan Danau Toba cukup menggemparkan dunia pada 75.000 tahun silam yaitu meletusnya gunung toba yang mengakibatkan dunia gelap gulita. Akibat letusan gunung tersebutlah muncul Danau Toba dan Samosir.

"Jadi kita tinggal di daerah yang unik “kita harus bangga berada dan tinggal di Samosir” kata Mangindar. Dalam kesempatan tersebut Ir. Mangindar menjelaskan, dalam menyukseskan visi sebagai pariwisata, di Samosir akan dibangun sebuah Geopark (taman bumi) dengan nama Geopark Kaldera Toba yang pusat informasinya akan dibangun di Sigulatti Kecamatan Sianjur Mula-mula. (ril)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014