Panyabungan, (antarasumut)- Kawasan Sibanggor di Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal (Madina) merupakan salah satu destinasi menarik di Madina dengan alamnya yang eksotis
Keindahan Sibanggor merupakan karunia Tuhan yang belum tergali sehingga sangat diharapkan adanya perhatian pemerintah untuk meningkatkan kawasan tersebut  menjadi salah satu tujuan wisata yang diminati.
Akses menuju kawasan Sibanggor tidak sulit, untuk mencapai kawasan ini hanya diperlukan beberapa menit dari Ibu kota kabupaten, Panyabungan. Melalui jalan kabupaten yang sudah di aspal meski jalannya kecil dan menanjak namun sudah tergolong nyaman dilalaui.Untuk mencapai kawasasn tersebut dapat dilewati dengan dua jalur dari Tano bato Kecamatan Panyabungan Selatan dan dari Pasar Maga kecamatan Lembah Sorik Merapi.

Dari penuturan warga, Parwis Nasution, hanya tinggal selangkah lagi untuk menjadikan Puncak Sorik Marapi menjadi kawasan wisata. Pemerintah diharapkan melengkapi pasilitas yang memadai yang dibutuhkan pengunjung. Dan meningkatkan peran serta pihak investor didalam menanamkan modalnya didaerah tersebut serta memberikan sosialisasi bagi warga kalau daerahnya dijadikan menjadi kawasan dan tujuan wisata. Sehingga tercipta lapangan kerja. Karena penduduk sekitar akan menjadi pelaku wisata yang siap menerima pengunjung. Tentu hal ini nantinya akan berdampak pada peningkatan pendapatan penduduk.

Gunung Sorik Marapi terletak pada ketinggian 2.142 m di atas permukaan laut, merupakan bagian dari salah satu khasanah kekeayaan alam Sibanggor. Pada puncak gunung sorik marapi terdapat danau alam yang indah. Kegiatan trekking akhir-akhir ini sudah mulai sering dilakukan untuk penelitian kekayaan alam Mandailing Natal.

Ada beberapa trek menuju puncak Sorik Marapi ini. Dalam pendakaian, menuju puncak Sorik Marapi   dibutuhkan waktu rata-rata 3 jam untuk mencapai puncak. Hutan di sekeliling gunung ini masih dalam kondisi yang baik dan penuh dengan berbagai keanekaragaman hayati  flora dan fauna.

Sibanggor merupakan bagian dari tiga Desa yang berada di kecamatan Puncak Sorik Marapi. Desa sibanggor Julu, Sibanggor Tonga dan Sibanggor Jae, tiga Desa ini merupakan Desa yang mempunyai tatanan yang unik, semua rumah penduduk di tiga desa tersebut dengan ornamen yang sama beratapkan ijuk.

Berada dibawah kaki gunung Sorik marapi sudah tentu  dengan tingkat kesuburan tanah yang tinggi.Sehingga sudah pasti Penduduk desa didaerah tersebut rata-rata bermata pencaharian sebagai petani.

Di kawasan ini juga mengalir air panas yang mengandung belerang dan air panas yang bening.Air panas mengandung belerang terdapat di Sibanggor tonga lengkap dengan kolam-kolamnya.Sementara air panas yang bening mengalir di Huta juluair panas ini sangat diminati pengunjung.Konon cerita air panasnya mengandung khasiat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

 
 
 

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014