Langkat, Sumut, 25/9 (Antara) - Lima rumah penduduk di Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, diterpa angin puting beliung.

Ada yang rumahnya hancur tertimpa pohon, sengnya beterbangan hingga robohnya plang kantor kecamatan.

"Ada lima rumah warga yang diterpa angin puting beliung," kata Kepala Wilayah Kecamatan Binjai Satiman, di Binjai, Kamis.

Satiman menjelaskan bahwa angin puting beliung yang menerpa daerahnya terjadi sekitar pukul 15.30 Wib, dimana sekitar 15 menit angin kencang menghantam rumah-rumah penduduk yang berada di lingkungan Kelurahan Kwala Begumit.

Angin puting beliung yang menghantam rumah penduduk itu sementara dari data yang dilakukan di lapangan lima rumah yang terkena yaitu dua rumah hancur total tertimpa pohon, sedangkan tiga rumah lagi seng atap rumahnya terbang diterjang angin.

"Sekarang ini kita sedang mencari petugas dormal (pemotong pohon) untuk memotong pohon-pohon yang menimpa rumah warga," katanya.

Tidak hanya rumah warga saja yang sengnya beterbangan, maupun juga roboh, plang milik kantor Kecamatan juga roboh dihantam angin yang datang cukup kencang.

Secara terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Langkat Irwan Syahri yang dihubungi membenarkan kejadian angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Binjai.

"Kita sudah kirim anggota untuk melakukan pendataan seberapa banyak rumah warga yang terkena angin puting beliung itu," katanya.

Tidak tertutup kemungkinan rumah warga cukup banyak yang terkena berdasarkan laporan yang baru saja kita terima, api walaupun demikian tim yang sudah diterjunkan untuk melakukan pendatang baru bisa fit datanya. ***3***

Nurul H
(T.KR-IFZ/B/N. Hayat/N. Hayat)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014