Langkat, Sumut, 23/9 (Antara) - Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan beberapa jenis nyamuk, menyerang warga Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

"Demam Berdarah Dengue sedang mewabah di Selesai," kata Kepala Wilayah Kecamatan Selesai Ikhsan Afriza, di Selesai, Selasa.

Ikhsan Afriza menjelaskan bahwa saat sekarang ini sudah dilakukan fogging untuk mengatasi berkembangnya nyamuk pembawa penyakit DBD ini seperti di Desa Padang Cermin, Padang Brahrang, Pekan Selesai, Sei Limbat, Kuala Air Hitam.

Memang sekarang ini sedang musim hujan yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Langkat, yang menyebabkan berkembangnya DBD, katanya.

Sementara itu salah seorang warga Sei Limbat Yuyun menjelaskan berjangkitnya DBD ini sudah terjadi sejak awal Agustus yang lalu, namun belum ada tindakan dari pemerintah untuk mengantisipasinya.

Padahal jumlah warga yang menderita sudah mencapai puluhan orang, malah ada yang meninggal dunia.

Warga hanya berharap agar pemerintah daerah bisa segera turun tangan menyelesaikan dan mencegah wabah BDB ini jangan sampai meluas, dengan melakukan fogging ke berbagai desa yang dikhawatirkan BDB sedang berkembang.

Secara terpisah Kepala Puskesmas Kecamatan Selesai dr Juliana menjelaskan bahwa berbagai upaya sudah dilakukan sekarang ini yaitu melakukan pengasapan di lapangan agar nyamuk tidak semakin berkembang.

"Kita sudah upayakan untuk melakukan fogging agar DBD ini tidak semakin berkembang lagi," katanya.

Memang ada warga yang sempat dirawat di rumah sakit, namun mereka sudah pulang setelah mendapatkan perawatan yang intensif. ***3***

Nurul H (T.KR-IFZ/B/N. Hayat/N. Hayat) 23-09-2014 14:42:59

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014